10 Cara yang Dapat Dilakukan Pengendara Dalam Menjaga Usia Pakai Ban Motor Pada Sebuah Sepeda Motor!

10 Cara yang Dapat Dilakukan Pengendara Dalam Menjaga Usia Pakai Ban Motor Pada Sebuah Sepeda Motor!

10 Cara yang Dapat Dilakukan Pengendara Dalam Menjaga Usia Pakai Ban Motor Pada Sebuah Sepeda Motor!-dragenzigic-freepik

Periksa buku panduan kode umur ban motor pemilik untuk dapat mengetahui jadwal rotasi ban yang disarankan oleh produsen.

Hindari Membawa Beban Berlebih

Jangan berkendara dengan melebihi beban maksimal yang diizinkan oleh produsen sepeda motor, beban yang berlebihan dapat menyebabkan ban menjadi cepat aus dan dapat mengurangi usia pakai dari ban motor.

BACA JUGA:Meniti Jejak Kegagalan! Callum Smith Menggenggam Harapan di Balik Kekalahan Tinjunya

Hindari Kecepatan Berlebih

Berkendara dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan ban menjadi panas berlebihan yang dapat merusak ban motor.

Selalu patuhi batas kecepatan dan hindari melakukan akselerasi atau pengereman yang keras agar tidak cepat merusak ban motor.

Hindari Berkendara Pada Jalan yang Berlubang

Hindari berkendara pada jalan yang rusak atau berlubang, kondisi jalan yang seperti itu dapat menyebabkan kerusakan pada ban motor.

Perhatikan Keseimbangan Roda dan Ban

Selalu pastikan roda dan ban sejajar dan seimbang, ketidakseimbangan dapat menyebabkan getaran dan juga mengurangi usia pakai ban motor.


10 Cara yang Dapat Dilakukan Pengendara Dalam Menjaga Usia Pakai Ban Motor Pada Sebuah Sepeda Motor!-cookie_studio-freepik

Gunakan Ban yang Sesuai

Pada saat mengganti ban motor, pilihlah ban yang sesuai dengan jenis motor dan gaya berkendara. Ban yang sesuai dengan kegunaannya baik untuk jalan aspal, off-road, atau cuaca tertentu dapat memperpanjang usia pakai dari ban motor.

Periksa Ban Motor Secara Berkala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber