Mengenali Diri Apakah Termasuk dalam Kategori OCD

Mengenali Diri Apakah Termasuk dalam Kategori OCD

Mengenali diri apakah termasuk dalam Kategori OCD atau tidak.--freepik.com/@master1305

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Obsessive Compulsive Disorder (OCD) adalah bentuk masalah kesehatan mental yang semakin mendapat perhatian dalam masyarakat modern.

Gangguan ini mempengaruhi pemikiran dan perilaku seseorang, menciptakan suatu siklus obsesi dan kompulsi yang sulit untuk dikendalikan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang OCD, gejala yang mungkin muncul, dan bagaimana mengenali apakah Anda mungkin termasuk dalam kategori pengidap OCD.

Apa Itu OCD?

BACA JUGA: Waspadalah! Stroke Bisa Terjadi di Usia Muda, Ini 4 Penyebabnya

OCD adalah singkatan dari Obsessive Compulsive Disorder, sebuah gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya mengalami pemikiran dan dorongan yang tidak bisa dikontrol.

Pemikiran ini dikenal sebagai obsesi, sedangkan dorongan untuk melakukan tindakan tertentu sebagai respons terhadap obsesi disebut kompulsi.

Penderita OCD sering kali merasa terjebak dalam siklus tanpa henti ini, yang dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari mereka.

Gejala OCD

BACA JUGA:Membantu Pertumbuhan Rambut dengan Campuran Minyak Mustard, Biji Fenugreek dan Minyak Almond

1. Obsesi

Penderita OCD sering mengalami pikiran yang tidak diinginkan dan mengganggu. Misalnya, obsesi tentang kebersihan yang berlebihan, kekhawatiran tentang keselamatan, atau ketakutan akan menyebabkan bahaya pada diri sendiri atau orang lain.

2. Kompulsi

 Kompulsi adalah respons terhadap obsesi yang mendorong penderita untuk melakukan tindakan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: