Begini 6 Cara Merawat Ban Motor Agar Aman dan Nyaman Berkendara

Begini 6 Cara Merawat Ban Motor Agar Aman dan Nyaman Berkendara

Begini 6 Cara Merawat Ban Motor Agar Aman dan Nyaman Berkendara-arthurhidden-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ban merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang sangat penting untuk diperhatikan, keberadaan Ban pada sepeda motor yang digunakan bersentuhan langsung dengan jalanan. 

Ban motor sebenarnya juga mempunyai usia penggunaan tersendiri. Apabila suatu ban telah aus atau licin dan tidak lagi dapat digunakan untuk menemani perjalanan berkendara dengan baik, maka sudah saatnya untuk mengganti ban pada motor tersebut.

Meskipun demikian, pengendara sepeda motor sebenarnya dapat memperpanjang usia pakai ban motor dengan penggunaan sepeda motor yang lebih berhati-hati dan melakukan perawatan secara rutin.

Keberadaan ban digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan permukaan jalanan yang tidak teratur, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara sepeda motor dan jalanan agar dapat meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Wisata Raja Ampat yang Instagramable

Sebagian besar ban yang tersedia saat ini khususnya untuk sepeda motor, diproduksi dari bahan karet sintetik walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain.

Setiap kendaraan darat jenis apapun tentu saja mempunyai roda yang tentunya berfungsi sebagai bagian kaki dari kendaraan tersebut.

Mengingat fungsi dari ban motor yang sangat penting dan krusial maka pengendara harus selalu merawat dan menggunakannya tanpa berlebihan, sehingga tidak membuat ban motor menjadi cepat tipis dan sering bocor.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengendara dalam merawat komponen ban motor yang terdapat pada sepeda motor miliknya.


Begini 6 Cara Merawat Ban Motor Agar Aman dan Nyaman Berkendara-freepik-freepik

Pastikan Ukuran Ban Sesuai Dengan Standar Bawaan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya pengendara tidak perlu melakukan perubahan pada bagian ban motor.

Baik itu ban luar, ban dalam, maupun velg yang digunakan pada sepeda motor. Hal ini dikarenakan produsen sepeda motor tersebut tentunya telah melakukan pengujian serta memperhitungkan segala jenis risiko hingga berbagai perkiraan lain terkait ukuran ban yang sesuai untuk sepeda motor. 

Mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar ataupun lebih kecil, tentu akan mempengaruhi pengalaman berkendara di jalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber