Motor Listrik Irit Daya? Berikut 5 Faktor Utama Jangkauan Motor Listrik

Motor Listrik Irit  Daya?  Berikut 5 Faktor Utama Jangkauan Motor Listrik

Motor Listrik Irit Daya? Berikut 5 Faktor Utama Jangkauan Motor Listrik--youtube.com/@dul teknik

Efisiensi mekanis berkaitan dengan bagaimana motor menerapkan tenaga listrik ke roda, misalnya melalui sistem belt atau hub motor. Efisiensi elektris berkaitan dengan desain elektrikal dari motor dan kontrolernya.

BACA JUGA:Dampak Berlebihan Minyak pada Wajah Manusia terhadap Kesehatan Kulit

Contoh yang diberikan mencakup perbandingan antara motor Gesit yang menggunakan sistem belt mid drive dengan motor hub konversi. Meskipun keduanya memiliki daya yang sama, efisiensi mekanisnya berbeda, sehingga mempengaruhi jangkauan motor.

3. Berat Kendaraan

Berat kendaraan juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan. Jangkauan motor listrik dapat berbeda ketika dikendarai sendiri atau berboncengan. Selain itu, membawa beban tambahan seperti barang dagangan atau galon air juga akan mempengaruhi konsumsi energi.

4. Gaya Berkendara

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Sikap Tawakal Kepada Allah SWT yang Patut Diamalkan

Cara pengendara mengakselerasi dan menghentikan kendaraan juga turut berkontribusi terhadap jangkauan motor listrik.

Akselerasi yang kasar dan pengereman mendadak dapat mengurangi efisiensi energi. Oleh karena itu, gaya berkendara yang bijaksana dengan akselerasi yang santai dan pengereman yang halus dapat meningkatkan jangkauan kendaraan listrik.

5. Kontur Jalan

Kontur jalan, termasuk tanjakan, turunan, dan jalanan datar, juga dapat mempengaruhi jangkauan motor listrik. Motor listrik akan mengalami konsumsi energi yang berbeda-beda tergantung pada kondisi jalan yang dihadapi.

BACA JUGA:Mulai Januari 2024, OJK Tetapkan Aturan Baru Tentang Pinjol

Oleh karena itu, pengguna perlu memahami bahwa jangkauan yang diumumkan produsen dapat bervariasi tergantung pada kondisi jalan.

Dalam mencari motor listrik yang sesuai, pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan sangat penting. Kapasitas baterai, efisiensi motor, berat kendaraan, gaya berkendara, dan kontur jalan semuanya saling berinteraksi untuk menentukan seberapa jauh motor listrik dapat melaju dengan satu kali pengisian baterai.

Faktor Konversi Baterai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber