Bahaya Baterai Mobil Listrik Saat Dalam Keadaan 0%, Ahli Kelistrikan ITB Ingatkan Pentingnya Menjaga Daya

Bahaya Baterai Mobil Listrik Saat Dalam Keadaan 0%, Ahli Kelistrikan ITB Ingatkan Pentingnya Menjaga Daya

posisi daya baterai mobil listrik sebaiknya tidak mencapai nol persen--Foto : instagram@Kimkomstore

Selain menjaga posisi daya baterai mobil listrik agar tidak mencapai nol persen, terdapat beberapa tips dan tindakan pencegahan yang dapat diambil oleh pemilik mobil listrik untuk merawat baterai mereka:

Hindari Penggunaan Ekstrem: Menghindari penggunaan ekstrem seperti mengemudi dengan kecepatan tinggi atau menyalakan fitur-fitur listrik yang berat dapat membantu mengurangi tekanan pada baterai. Hal ini dapat mendukung pemeliharaan umur pakai baterai mobil listrik.

Jangan Overcharge: Meskipun BMS memiliki peran untuk mengontrol pengisian baterai, pemilik tetap perlu memastikan bahwa mereka tidak terlalu mengisi daya baterai melebihi batas yang dianjurkan. Overcharge dapat merusak sel-sel baterai dan mempercepat penurunan kinerja baterai.

BACA JUGA:Charge Baterai Wuling Air EV semudah Charge Handphone ! Bikin Nyaman DI jalan.
memahami pentingnya menjaga kesehatan baterai mobil listrik--Foto : freepik/senivpetro

 

Perhatikan Suhu Lingkungan: Suhu lingkungan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kesehatan baterai. Pemilik sebaiknya menghindari penggunaan mobil listrik dalam suhu ekstrem yang dapat merugikan kinerja baterai.

Periksa dan Pemeliharaan Rutin: Melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan rutin pada sistem baterai, termasuk BMS, adalah langkah proaktif untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik. Pemilik dapat mengikuti panduan pemeliharaan yang diberikan oleh produsen.

Perbarui Perangkat Lunak: Produsen mobil listrik seringkali merilis pembaruan perangkat lunak yang dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi BMS. Memastikan perangkat lunak selalu terkini dapat membantu menjaga performa baterai.

Pahami Indikator Baterai: Pemilik sebaiknya memahami indikator daya baterai dan memonitornya secara teratur. Jika ada perubahan yang mencurigakan, seperti penurunan kapasitas secara drastis, segera konsultasikan dengan pusat layanan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA:Ini Tips Pengisian Baterai Mobil Listrik bagi Pemula

Dengan memahami pentingnya menjaga kesehatan baterai mobil listrik dan mengikuti tips pemeliharaan, pemilik dapat memastikan bahwa investasi mereka dalam mobil listrik tetap memberikan performa optimal dan umur pakai baterai yang panjang.

Kesadaran ini juga turut berkontribusi pada upaya global untuk mengurangi jejak karbon dan mendorong adopsi kendaraan ramah lingkungan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @kimkomstore