Mobil Anda Sudah Berumur Lebih 5 Tahun: Lakukan Hal Ini Untuk Perawatan Agar Awet

Mobil Anda Sudah Berumur Lebih 5 Tahun: Lakukan Hal Ini Untuk Perawatan Agar Awet

Mobil Anda Sudah Berumur Lebih 5 Tahun: Lakukan Hal Ini Untuk Perawatan Agar Awet--youtube.com/@amhchannel69

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Pemakaian mobil biasanya memasuki usia tua jika berada di atas 5 tahun. Tentu akan ada perubahan setelah masa pakai mobil yang dirasakan. Meskipun tidak langsung mengalami kerusakan, seiring berjalannya waktu, kinerja mobil pasti akan mengalami penurunan.

Agar mobil kesayangan Sahabat tetap dalam kondisi baik meskipun usianya sudah cukup tua, perawatan rutin harus dilakukan sejak dini.

Meskipun terdengar sederhana, kenyataannya perawatan mobil yang dilakukan secara teratur dapat membuat mobil tetap nyaman digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan setelah berusia 5 tahun.

Setelah melewati usia 5 tahun, mobil yang kita miliki cenderung mengalami penurunan performa karena beberapa komponen mobil memerlukan penggantian.

BACA JUGA:Belum Ada Pembatasan: Tahapan Transformasi Pendistribusian LPG 3 Kg Masih Pendataan

Oleh karena itu, perawatan mobil yang telah mencapai usia tersebut harus dilakukan dengan lebih intensif untuk menghindari kinerja mesin yang kemungkinan bermasalah saat digunakan.

Jika diabaikan, masalah kecil hingga serius dapat mengganggu kenyamanan perjalanan berkendara. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam perawatan mobil yang telah mencapai usia di atas 5 tahun?

1. Ganti Oli Secara Rutin

Perawatan dasar yang sangat penting untuk mobil adalah melakukan penggantian oli mesin secara teratur. Hal ini bertujuan agar dapat mencegah kerusakan pada berbagai komponen mesin, sehingga mobil dapat digunakan dengan daya tahan yang lebih lama dan kenyamanan yang optimal.

BACA JUGA:Mobil Anda Mogok Saat di Perjalanan?, Jangan Kuatir, Ini Solusi Cerdas yang Dapat Anda Terapkan

Sebagai pemilik mobil, Anda disarankan untuk memilih oli dengan kualitas dan spesifikasi bahan yang sesuai dengan jenis mobil, sehingga performanya dapat meningkat dan stabil.

2. Cek Komponen Kaki-kaki

Seperti yang kita ketahui, kaki-kaki mobil melibatkan berbagai komponen seperti long tie rod, tie rod end, engine mounting, hingga shock absorber.

Karena komponen-komponen tersebut sering bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan juga menahan beban yang signifikan, perawatan khusus di area ini menjadi sangat penting setelah mobil mencapai usia 5 tahun ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber