4 Tips Penting Cara Mencegah Mobil Terbakar Saat Perjalanan

4 Tips Penting Cara Mencegah Mobil Terbakar Saat Perjalanan

Ancaman yang sangat ditakuti oleh setiap pemilik mobil adalah kejadian mobil terbakar saat dalam perjalanan.--freepik.com/@user18526052

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Selain risiko kecelakaan dan banjir, ancaman yang sangat ditakuti oleh setiap pemilik mobil adalah kejadian mobil terbakar.

Dampak dari kejadian ini dapat dikategorikan sebagai kerusakan besar karena dalam hitungan menit, api dapat melumatkan habis kendaraan bermotor tersebut.

Potensi kebakaran mobil dapat disebabkan oleh berbagai faktor, sering kali dipicu oleh ketidaktahuan pemilik mobil terhadap potensi risiko tersebut.

CARRO Indonesia memberikan beberapa cara mencegah terjadinya kebakaran mobil yang dapat menjadi panduan bagi pemilik mobil.

BACA JUGA: Mitsubishi Expander: MPV Rasa SUV Yang Tawarkan Harga Kompetitif di Tahun 2024

1. Hindari Modifikasi Kelistrikan Sembarangan

Modifikasi pada sistem kelistrikan mobil dapat menjadi penyebab arus pendek dan berpotensi menyulut kebakaran.

Meskipun terkadang pemilik mobil ingin meningkatkan pencahayaan dengan modifikasi lampu yang lebih terang, disarankan untuk melakukannya dengan hati-hati.

Konsultasikan terlebih dahulu ke bengkel resmi atau spesialis modifikasi kelistrikan yang terpercaya untuk memastikan bahwa modifikasi tersebut aman dan sesuai.

BACA JUGA:Penting! Memahami 3 Teknik Memutar Setir Mobil Yang Benar untuk Keselamatan Berkendara


Potensi kebakaran mobil dapat disebabkan oleh berbagai faktor, sering kali dipicu oleh ketidaktahuan pemilik mobil terhadap potensi risiko tersebut.--freepik.com/@master1305

2. Periksa Saluran Bahan Bakar

Pengecekan berkala terhadap saluran bahan bakar, khususnya pada mobil yang telah berusia lebih dari 10 tahun, sangat penting.

Pastikan tidak ada kebocoran pada selang dan sambungan saluran bahan bakar hingga tangki. Selang yang sudah getas sebaiknya segera diganti dengan yang berkualitas untuk mencegah risiko kebocoran yang dapat menyebabkan kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber