8 Hal Tentang Airbag dalam Kendaraan: Perlindungan Tambahan saat Kecelakaan

8 Hal Tentang Airbag dalam Kendaraan: Perlindungan Tambahan saat Kecelakaan

8 hal tentang airbag dalam kendaraan, sebuah sistem perlindungan tambahan saat kecelakaan.--freepik.com/@asphotofamily

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Airbag adalah bagian integral dari sistem keamanan kendaraan modern yang dirancang untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Saat mobil menabrak, fungsi airbag menjadi krusial untuk mengurangi potensi cedera serius. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang terjadi ketika mobil menabrak dan bagaimana airbag bekerja untuk memberikan perlindungan tambahan.

1. Pengenalan Airbag

Airbag adalah kantung yang terisi udara yang dipasang di dalam kendaraan. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan bantalan saat kecelakaan, sehingga mengurangi dampak fisik yang dialami pengemudi dan penumpang. Airbag bekerja secara cepat dan efektif untuk mengurangi risiko cedera serius.

BACA JUGA:Render 3D Chevy Camaro 'Rally Bee' yang Menyengat dengan Sikap Off-Road

2. Bagaimana Airbag Bekerja?

Saat mobil menabrak, sensor-sensor di kendaraan mendeteksi percepatan mendadak yang menunjukkan terjadinya kecelakaan.

Begitu sensor mendeteksi kecelakaan, sinyal segera dikirim ke sistem pengendali airbag. Kemudian, airbag dipompa dengan cepat oleh gas yang dihasilkan dari reaksi kimia yang dikontrol dengan cermat.

Ini membuat airbag mengembang dengan kecepatan tinggi dan memberikan bantalan antara tubuh pengemudi atau penumpang dengan bagian keras dari kendaraan.

BACA JUGA:7 Langkah Modifikasi Speedometer dan Layar LCD TV Mobil, Mentransformasi Berkendara dalam Sensasi Kontemporer


Ilustrasi airbag bekerja saat mobil mengalami benturan keras.--freepik.com/@brgfx

3. Manfaat Airbag

Penggunaan airbag memiliki beberapa manfaat penting. Pertama, airbag membantu mencegah cedera kepala dan dada dengan memberikan bantalan yang signifikan.

Kedua, mereka dapat mengurangi risiko cedera pada bagian tubuh yang lebih rentan terhadap dampak, seperti wajah dan leher.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber