Ajaibnya Nepal: Meriahnya 14 Festival Besar Tahun 2024 yang Bakal Tak Terlupakan!

Ajaibnya Nepal: Meriahnya 14 Festival Besar Tahun 2024 yang Bakal Tak Terlupakan!

Ajaibnya Nepal: Meriahnya Festival Besar Tahun 2024 yang Tak Terlupakan!--freepik

Naag Panchami jatuh di tengah musim hujan. Sebuah festival Hindu yang memuja dewa ular Naag. Gambar Naag digantung di pintu dan susu ditawarkan kepadanya.

Pemujaan Naag dipercaya dapat mencegah gigitan ular. Festival ini untuk menghormati ular sebagai penjaga air dan  memastikan  hujan teratur di Lembah Kathmandu.

10. Janai Purnima, 19 Agustus

Janai Purnima adalah festival benang suci. Saat ini, umat Hindu, khususnya Brahmana dan Chetris, melakukan siklus tahunan Janai dan semua orang yang merayakan festival ini mengenakan benang suci di tangan mereka. Hari ini ada perayaan besar di Gosaikunda yang memiliki kolam suci.

BACA JUGA: 8 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Fitur Idling Stop Pada Kendaraan: Apa Saja Yang Menarik?.

11. Gai Jatra, 20 Agustus

Festival tersebut sekarang disebut Gai Jatra (artinya festival sapi) dan  merupakan gabungan dari tiga tradisi yang berlangsung pada tiga  waktu berbeda. Metode pertama dan tertua adalah memuja dan memuja Yamaraj, dewa kematian kuno. 

Oleh karena itu, festival ini dimaksudkan untuk menyambut dan merayakan kematian, yang merupakan hal yang tidak bisa dihindari.

Setiap keluarga yang kehilangan anggotanya pada tahun sebelumnya harus membawa seekor sapi hias ke kota. 

BACA JUGA:Benarkah Mesin Harus Dingin, Ketika Mengecek Oli Mobil Dengan Alat Ukur Dipstick?. Ini Jawabannya

Jika tidak ada sapi, anak-anak dapat berdandan seperti sapi (anggota keluarga laki-laki tertua dan anggota keluarga perempuan termuda) dapat mengambil peran tersebut. Festival di Nepal ini  mirip dengan perayaan Hari Orang Mati di Meksiko.

12. Krishna Janmastami, 26 Agustus

Krishna Janmastami merayakan kelahiran Krishna. Kresna, diyakini sebagai inkarnasi kedelapan Dewa Wisnu,  adalah tokoh terpenting dalam epos Hindu Mahabharat.

Pada hari ini, umat Hindu pergi ke kuil Kresna. Secara khusus, ribuan umat berkumpul di batu Krishna Mandir di Lapangan Patan Durbar.

BACA JUGA:Tradisi Unik Jepang Dalam Melempar Koin pada Tahun baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber