Hati-hati Tanpa Disadari Sering Diucapkan, Ternyata Kalimat Ini Sangat Dibenci Allah SWT

Hati-hati Tanpa Disadari Sering Diucapkan, Ternyata Kalimat Ini Sangat Dibenci Allah SWT

Kalimat Ini Sangat Dibenci Allah SWT--Gambar : [email protected]

Apabila kita menerima nasehat, ada baiknya terimalah segala nasehat meskipun hal itu menyudutkan kita sebagai yang dinasehati.

Ketidaksukaan atas sebuah nasehat haruslah ditahan agar tidak keluarnya ucapan yang menunjukkan sikap sombong dan mudahnya berucap ‘Uruslah dirimu sendiri’ atau ucapan lain yang menyiratkan ketidaksukaan dan justru memperlihatkan kesombongan.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Penyebab Hati Gelisah, Gundah Gulana Menurut Islam dan Cara Mengatasinya

Dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, Rasulullah SAW berpesan bahwa, terkadang seseorang mengucapkan kalimat yang membuat dirinya tercela di dunia dan juga akhirat. Sehingga akan menimbulkan kemurkaan untuk dirinya sendiri.

Namun terkadang, seseorang mengucapkan kalimat baik yang membuat derajatnya diangkat dan mendapatkan kebahagiaan.

Melalui penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa kalimat yang dibenci Allah SWT adalah kalimat yang mengandung kesombongan dan penolakan atas ajakan baik. Maka jadilah manusia yang mampu menjaga lisannya agar terhindar dari panasnya api neraka.


Dari hadis diatas menunjukan bahwa Kalimat tersebut menunjukkan kesombongan seseorang karena tidak mau mendengarkan ajakan orang lain. --Foto : freepik@sketchepedia

 

Sejatinya, manusia seharusnya saling mengingatkan dalam kebaikan.

Sikap sombong ini juga pernah dialami oleh Nabi Nuh 'alaihi salam. Beliau pun mengadu kepada Allah tentang kesombongan kaumnya, yang tidak mau menyembah Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam Quran Surat Nuh Ayat 5-7 yang artinya sebagai berikut:

Nuh berkata: “Ya Tuhanku Sesungguhnya aku telah menyeru kaumku siang dan malam, Maka seruanku itu hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran).

Setiap kali aku menyeru kepada mereka (tentang iman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (ke mukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan sangat menyombongkan diri. (QS. Nuh: 5-7)

BACA JUGA:Menyesal Telah Bercerai Lalu Ingin Rujuk, Begini Tata Caranya Menurut Islam

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang sering kali kita menjawab nasihat orang lain dengan kalimat yang dibenci Allah ini.

Sehingga pada akhirnya orang lain tidak lagi mau menasehati kita karena takut akan mendapatkan perlakuan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber