Rehabilitasi Narkoba, Solusi Terbaik untuk Memulihkan Pecandu

Rehabilitasi Narkoba, Solusi Terbaik untuk Memulihkan Pecandu

Rehabilitasi Narkoba: Solusi Terbaik untuk Memulihkan Pecandu--unsplash

Di Amerika Serikat, jika seseorang diketahui mabuk atau menggunakan narkoba, mereka akan dijatuhi hukuman  program 12 langkah. Individu yang berpartisipasi dalam program ini didorong untuk menerapkan 12 langkah ini dalam kehidupan sehari-hari mereka.

5. Terapi Psikologis

Melibatkan konseling atau terapi psikologis untuk membantu individu memahami dan mengatasi faktor-faktor pemicu penggunaan narkoba, serta mengembangkan strategi untuk menghindari kekambuhan.

BACA JUGA: Mengenal Virus Ebola: Pencegahan dan Langkah-langkah Untuk Melindungi Diri

6. Dukungan Keluarga

Melibatkan keluarga dalam proses rehabilitasi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pemulihan individu. Keluarga juga dapat membutuhkan pemahaman tentang cara mendukung individu tersebut

7. Menyediakan dukungan jangka panjang 

Dukungan jangka panjang untuk memastikan individu tetap berada dalam jalur pemulihan. Ini dapat mencakup dukungan kelompok, konseling terus-menerus, atau program bantuan setelah rehabilitasi.

BACA JUGA:Kasus Ebola Pernah Terdeteksi Lagi di Kongo, WHO Siapkan Penanganan!

Penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki kebutuhan rehabilitasi yang unik, dan pendekatan yang efektif dapat bervariasi.

Selain itu, dukungan masyarakat dan perubahan dalam kebijakan pencegahan narkoba juga memainkan peran penting dalam membantu individu yang sedang menjalani rehabilitasi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber