Rehabilitasi Narkoba, Solusi Terbaik untuk Memulihkan Pecandu

Rehabilitasi Narkoba, Solusi Terbaik untuk Memulihkan Pecandu

Rehabilitasi Narkoba: Solusi Terbaik untuk Memulihkan Pecandu--unsplash

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Rehabilitasi narkoba merupakan suatu proses untuk membantu pengguna agar terbebas dari narkoba.

Sebenarnya proses penyembuhan ini memakan waktu lama. Hal ini terutama berlaku jika Anda memiliki kecanduan narkoba jangka panjang.

Jika Anda sudah mencapai tahap kecanduan narkoba, Anda mungkin merasakan gejala  seperti perlunya mengonsumsi obat setiap hari atau terus meningkatkan dosisnya. 

Rehabilitasi narkoba juga proses pemulihan fisik, mental, dan sosial seseorang yang terlibat dalam penggunaan atau penyalahgunaan narkotika.

BACA JUGA:6 Tips Perawatan Sepeda Motor yang Menggunakan Kopling!

Proses rehabilitasi bertujuan untuk mengembalikan individu tersebut ke masyarakat dengan status yang sehat dan produktif. 

Oleh karena itu, kita semua harus mencegah keadaan ini di keluarga dan lingkungan kita. Jika ada orang di sekitar kita yang  kecanduan narkoba, kita bisa menawarkan perawatan rehabilitasi agar mereka cepat pulih.

Beikut adalah tahapan-tahapan rehabilitasi bagi pecandu narkoba yang harus dilewati sungguh-sungguh supaya terbebas dari: barang terlarang tersebut:

1. Tahap rehabilitasi medis

BACA JUGA:7 Faktor Risiko Terkena Masalah Kesehatan Mental pada Remaja


Rehabilitasi Narkoba: Solusi Terbaik untuk Memulihkan Pecandu--unsplash

Fase pemulihan kesehatan (detoksifikasi). Selama masa ini, seorang dokter terlatih akan memeriksa kesehatan pecandu secara keseluruhan, baik fisik maupun mental.

Terserah dokter untuk memutuskan apakah pasien harus diberikan obat  untuk mengurangi gejala putus obat (bahu) yang dialaminya. Dosis obat tergantung pada jenis obat dan tingkat keparahan gejala putus obat.

Dalam hal ini, dokter memerlukan pengetahuan, pengalaman dan keahlian untuk mendeteksi tanda-tanda keracunan obat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber