Inilah 6 Cara Berkendara Menggunakan Motor Kopling: Biar kopling awet dan mesin tidak mati

Inilah 6 Cara Berkendara Menggunakan Motor Kopling: Biar kopling awet dan mesin tidak mati

Inilah 6 Cara yang Perlu Dilakukan Pada Saat Berkendara Menggunakan Motor Kopling --Foto : Freepik.com/freepik

Dengan posisi gigi tiga ini, tuas kopling dapat diturunkan dan dinaikkan dengan mudah.

BACA JUGA:Jangan Panik ! ini Cara Mengatasi Masalah Kopling yang Rusak

 

Cara Mengendarai Motor Kopling Pada Tanjakan

Setelah bisa berkendara pada tanah yang lapang, pengendara perlu untuk belajar bagaimana cara mengendarai motor kopling pada kondisi jalan yang menanjak atau menurun.

Hal ini karena tuas kopling harus diatur secara manual. Jadi, agar dapat seimbang, pengendara perlu mengetahui posisi gigi mana yang akan digunakan.

Untuk mengendarai motor dalam kondisi jalan menanjak, sebaiknya pengendara memposisikan motor pada gigi transmisi satu atau dua.

BACA JUGA:Rahasia Mengendarai Motor dengan Kopling di Tanjakan: Trik Jitu Mengandalkan Rem Belakang!

Tujuannya yaitu agar tenaga pada mesin motor dapat bekerja secara maksimal. Selanjutnya, pengendara hanya perlu berpindah gigi sesuai kecepatan yang diinginkan.

Untuk melakukan pemindahan gigi ini juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pengendara perlu untuk menyesuaikan kecepatan agar tetap seimbang dalam berkendara.

Jika cara mengendarai motor kopling pada tanjakan saja ada tekniknya, pengendara tidak perlu merasa bingung saat berkendara pada turunan.

Caranya yaitu hanya dengan melepaskan tuas kopling agar fitur Engine Brake dapat berfungsi. Fitur ini sangat penting untuk mengurangi kecepatan dari sepeda motor.

BACA JUGA:Pentingnya Mengecek Kondisi Mobil dan Kopling Sebelum Berlibur

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan berpindah pada gigi paling bawah. Tujuannya, agar selepas turunan pengendara dapat langsung menarik gas tanpa harus mengorbankan performa mesin motor.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id