V-Belt Bermasalah! Kenali Penyebab dan Ketahui Waktu Penggantiannya

V-Belt Bermasalah! Kenali Penyebab dan Ketahui Waktu Penggantiannya

V-Belt Bermasalah! Kenali Penyebab dan Ketahui Waktu Penggantiannya--Foto : Freepik.com/mdjaff

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sejak kehadiran motor matic di pasaran Tanah Air, jenis motor bebek dengan persneling dan rantai semakin meredup. motor matic menjadi pilihan utama bagi banyak orang karena kemudahan dalam pengendaran.

Perbedaannya mencolok, terutama pada penggantian sistem penggerak tenaga dari mesin ke roda belakang. Jika pada motor bebek menggunakan rantai, motor matic menggunakan sabuk khusus yang dikenal dengan nama v-belt atau fanbelt.

Namun, sayangnya, kenyamanan penggunaan v-belt ini seringkali diiringi dengan ketidakpedulian pengguna terhadap perawatan. Berbeda dengan pengguna motor bebek yang lebih cermat dalam mengganti rantai atau melakukan perawatan rutin, pengguna motor matic cenderung abai dan malas melakukan perawatan pada v-belt.

Alasan utamanya adalah posisi v-belt yang tertutup dan tidak terlihat dari luar. Akibatnya, ketika v-belt aus, pengguna dapat mengalami masalah di tengah jalan yang tentu saja sangat merepotkan.

BACA JUGA:Ciri-Ciri Dan Dampak Kerusakan V Belt Pada Mobil Transmisi Matic Nomor 2 Mudah Dikenali


Berbagai Tanda V-Belt Bermasalah--Foto : [email protected]

 

Berbagai Tanda V-Belt Bermasalah

Dilansir dari wahanahonda.com bahwa Ada beberapa tanda yang dapat diidentifikasi ketika v-belt sudah mulai bermasalah dan berisiko putus. Tanda pertama adalah munculnya suara berdecit pada bagian transmisi CVT.

Bunyi tersebut biasanya terdengar saat motor matic baru akan berjalan. Tanda kedua adalah tarikan yang tersendat saat gas rendah menuju tinggi atau dari posisi mati ke posisi jalan.

Tanda ketiga adalah performa dan kecepatan motor yang menurun drastis, meski speedometer menunjukkan kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Putus V-Belt Saat di Jalan: 7 Langkah yang Harus Dilakukan

 

Penyebab V-Belt Bermasalah dan Putus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: wahanahonda.com