Penasaran Dengan Mobil Self Driving Atau Mobil Tanpa Pengemudi? Ini Penjelasan Cara Kerja Yang Canggih

Penasaran Dengan Mobil Self Driving Atau Mobil Tanpa Pengemudi? Ini Penjelasan Cara Kerja Yang Canggih

Penasaran Dengan Mobil Self Driving Atau Mobil Tanpa Pengemudi? Ini Penjelasan Cara Kerja Yang Canggih--instagram.com/@dj_selfdriving_cars

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mobil self-driving atau sering disebut mobil otonom adalah kendaraan yang menggunakan kombinasi radar, kamera dan sensor dilengkapi  kecerdasan buatan (AI) untuk melakukan perjalanan antar tujuan tanpa kehadiran operator manusia.

Sebagai syarat untuk dianggap sebagai kendaraan otonom penuh, mobil tersebut harus mampu bernavigasi tanpa campur tangan manusia ke tujuan yang telah ditentukan melalui jalan yang belum disesuaikan untuk penggunaannya.

Perkembangan mobil self-driving melibatkan berbagai perusahaan otomotif terkemuka seperti Audi, BMW, Ford, Google, General Motors, Tesla, Volkswagen, dan Volvo.

Google, melalui proyeknya yang dikenal sebagai Waymo, telah menguji armada mobil self-driving, termasuk Toyota Prii dan Audi TT, yang telah melintasi lebih dari 140.000 mil jalan raya dan jalan raya di California.

BACA JUGA:Wuling Almaz Hybrid, Mobil Yang Memiliki Fitur EV Mode. Pelajari Kegunaan Fitur EV dan Cara Kerjanya

Cara kerja mobil self-driving didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI).

Pengembang mobil otonom memanfaatkan data dari sistem pengenalan gambar, pembelajaran mesin, dan jaringan saraf untuk membangun sistem yang mampu mengemudi secara mandiri.

Jaringan saraf ini berfungsi untuk mengidentifikasi pola dalam data, yang kemudian dimasukkan ke dalam algoritma pembelajaran mesin.

Data tersebut mencakup gambar dari kamera pada mobil self-driving, digunakan untuk mengidentifikasi berbagai objek di sekitar, seperti lampu lalu lintas, pepohonan, tepi jalan, pejalan kaki, rambu jalan, dan elemen lainnya dari lingkungan berkendara.

BACA JUGA:Wuling Binguo EV Punya Harga Mencolok, di China Setara Ayla, di Indonesia Setara Hyundai Creta

Sebagai contoh, proyek mobil self-driving Waymo dari Google menggunakan sensor, lidar (deteksi dan jangkauan cahaya), dan kamera untuk mengumpulkan data dan mengidentifikasi objek di sekitar mobil.

Seluruh data ini digabungkan untuk membentuk pemahaman yang komprehensif tentang lingkungan kendaraan dan memprediksi tindakan yang mungkin diambil oleh objek-objek tersebut dalam waktu singkat.

Garis besar cara kerja kendaraan self-driving Waymo dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Pengemudi atau penumpang menentukan tujuan, dan perangkat lunak mobil menghitung rute.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber