Kenali Gejala Kanker Payudara, Simak Faktor-Faktor Pencegah Terjangkitnya Kanker Payudara

Kenali Gejala Kanker Payudara, Simak Faktor-Faktor Pencegah Terjangkitnya Kanker Payudara

Kenali gejala kanker payudara --Foto : unsplash.com/@ National Cancer Institute

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kanker payudara adalah  jenis tumor ganas yang berkembang di sel payudara. Kanker ini bisa tumbuh ketika ada pertumbuhan sel abnormal  pada payudara.

Sel-sel ini membelah  lebih cepat dari sel normal dan menumpuk, yang kemudian membentuk benjolan atau massa. Pada tahap yang lebih parah, sel-sel abnormal tersebut dapat menyebar ke organ tubuh lain melalui kelenjar getah bening.

Kanker payudara adalah penyakit dimana sel-sel payudara abnormal tumbuh tidak terkendali dan membentuk tumor. Jika  tumor tidak diobati, maka dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan kematian. 

Sel kanker payudara dimulai di  saluran payudara dan/atau lobulus penghasil susu. Bentuk sebelumnya (in situ) tidak mengancam jiwa. 

BACA JUGA:Mengenal Ciri-Ciri Terjadinya Kanker Payudara

Sel kanker dapat menyebar ke jaringan payudara terdekat (invasi). Ini menciptakan tumor yang menyebabkan benjolan atau penebalan.   

Kanker invasif dapat menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau organ lain (metastasis). Metastasis bisa berakibat fatal.  Perawatan didasarkan pada orangnya, jenis kanker dan penyebarannya. Perawatan termasuk pembedahan, terapi radiasi, dan obat-obatan.

 

Ada 2 faktor penentu yang menjadikan gejala kanker meluas, simak baik-baik sebagai berikut:

Faktor apa yang dapat Anda kendalikan  dalam penyebab penyakit kanker

BACA JUGA:Rumah Sakit Clemenceau Medical Center Dubai, Melawan Kanker Payudara dengan Pendekatan Multidisiplin

Faktor yang dapat dikendalikan mengacu pada faktor risiko yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Bacalah penjelasan di bawah ini untuk mengetahui  apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencegah  kanker payudara.

1. Alkohol 

Alkohol dapat merusak DNA  sel, yang pada akhirnya  meningkatkan risiko kanker payudara. Ini karena tubuh mengubah alkohol  menjadi senyawa  yang disebut asetaldehida, yang  merusak DNA sel. Alkohol juga dapat memperburuk stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber