Pilih Motor Listrik Atau Motor Bensin ? Simak Penjelasan Ini !

Pilih Motor Listrik Atau Motor Bensin ? Simak Penjelasan Ini !

Keunggula dan kekurangan Motor Listrik dan Motor Bensin --Gambar : Modifikasi Tangkapan layar Instagram/@ditonpremium dan @popsemarang

BACA JUGA:Motor Hemat Bensin Tanpa Tanding: 94 Kilometer Hanya dengan 1 Liter, Honda Cross Cub 50!

 

Perhitungan motor bensin

Motor bensin dengan kisaran harga Rp 17-18 juta umumnya memiliki daya jelajah yang relatif serupa. Sebagai contoh, Honda BeAT, yang diklaim memiliki konsumsi BBM 1:60,6. 

Biaya per liter bensin bervariasi tergantung jenisnya. Jika menggunakan jenis Pertalite, untuk menempuh jarak sekitar 60 km memerlukan biaya sekitar Rp 10.000. 

Sedangkan jika menggunakan Pertamax, biaya untuk mencapai jarak 60 km akan mencapai sekitar Rp 13.800. Biaya tersebut belum termasuk biaya perawatan seperti penggantian oli dan spare part.

Dalam perbandingan, dari segi biaya operasional harian, penggunaan motor listrik lebih ekonomis. Untuk menempuh jarak 120 km, biaya yang dikeluarkan bahkan tidak mencapai Rp 5.000. 

BACA JUGA:Mengenal 3 Sistem Mobil Hybrid di Dunia Otomotif yang Membuat Mobil Listrik dan Bensin Tersaingi

Sementara itu, motor bensin, untuk menempuh jarak serupa dengan menggunakan Pertalite, akan menghabiskan biaya sekitar Rp 20.000.

 

Kelebihan Motor Listrik 

Dapat Mengurangi Emisi

Keberadaan motor listrik merupakan salah satu upaya dalam menangani permasalahan lingkungan, di mana emisi merupakan istilah yang merujuk pada pencemaran udara. 

BACA JUGA:Biar Tidak Mual, Ini Cara Mengatasi Aroma Bensin di Dalam Mobil dan Membuat Perjalanan Jadi Nyaman

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021, emisi adalah zat pencemar udara yang dihasilkan dari aktivitas manusia yang masuk atau dilepaskan ke udara, baik dengan potensi pencemaran udara maupun tanpa potensi pencemaran udara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber