Pilih Motor Listrik Atau Motor Bensin ? Simak Penjelasan Ini !

Pilih Motor Listrik Atau Motor Bensin ? Simak Penjelasan Ini !

Keunggula dan kekurangan Motor Listrik dan Motor Bensin --Gambar : Modifikasi Tangkapan layar Instagram/@ditonpremium dan @popsemarang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Motor adalah jenis kendaraan yang sering dipakai. Seiring berjalannya waktu, Motor terus berkembang dengan hadirnya versi terbaru, termasuk pembaruan mesin maupun dari segi penampilan. 

Salah satu tren terkini yang sedang menjadi sorotan adalah motor listrik. Berkembangnya motor listrik menjadi suatu tren di Indonesia, juga didukung oleh anjuran pemerintah sebagai solusi untuk pembenahan masalah lingkungan.

Regulasi terkait kendaraan bermotor listrik telah dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 

Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (P) No. 44 Tahun 2020 mengenai Pengujian Tipe Fisik dan PM No. 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Penggerak Motor Listrik.

 BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Full Pump Bensin Pada Motor Yang Kotor Untuk Hindari Dampak Buruk

Pemerintah bahkan memberikan dukungan besar dengan memberikan insentif sebesar Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik.

Pemerintah telah menyatakan harapannya bahwa bantuan sebesar Rp 7 juta tersebut akan membuat harga motor listrik lebih terjangkau, sehingga dapat bersaing secara ekonomis dengan motor bensin.

Saat ini, baru ada tiga merek motor listrik yang telah dipastikan mendapatkan dukungan subsidi dari pemerintah, yaitu Gesits, Volta, dan Selis. 

Jika diperhatikan, adanya subsidi ini dapat dengan signifikan mengurangi harga motor listrik dari ketiga merek tersebut. 

BACA JUGA:Bukan Sekedar Tips: Inilah Cara Menghemat Bensin (BBM) Agar Pengeluaran Tidak Boros

Contohnya, Gesits yang semula memiliki harga di kisaran tertentu, setelah mendapatkan subsidi, kini dapat diakses dengan harga sekitar Rp 20 jutaan.

Selanjutnya, Volta juga mengumumkan bahwa dengan bantuan pemerintah, salah satu varian motor listriknya akan dijual dengan harga sekitar Rp 9 jutaan. 

Begitu juga dengan Selis, yang menawarkan beberapa model motor listrik dengan harga terendah mencapai Rp 4 jutaan dengan dukungan subsidi tersebut. 

Dari segi harga, motor listrik ini jelas lebih ekonomis jika dibandingkan dengan motor bensin yang cukup populer di Indonesia, yang umumnya memiliki harga di kisaran Rp 17-18 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber