Struktur Anatomi Telinga: Pembagian dan Fungsi Masing-masing Bagian yang Harus Diketahui

Struktur Anatomi Telinga: Pembagian dan Fungsi Masing-masing Bagian yang Harus Diketahui

Inilah Bagian Bagian yang Terkandung di Dalam Telinga-Mark Paton-unsplash

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Telinga adalah organ yang kompleks dan penting dalam sistem auditif manusia. Bagian-bagian telinga dapat dibagi menjadi tiga bagian utama: telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

Setiap bagian tubuh manusia mempunyai fungsi tertentu, termasuk telinga yang bertugas untuk mendengar. Telinga merupakan organ pendengaran yang menyalurkan bunyi sehingga kita dapat mendengar. Suara masuk ke telinga melalui telinga luar, yang terdiri dari gendang telinga dan saluran pendengaran eksternal. 

Suara dikirim ke telinga tengah, tempat sensor berada. Suara bergetar di gendang telinga dan berjalan melalui saluran Eustachius menuju gendang telinga dan telinga bagian dalam.

Setelah itu, saat pergi ke lapangan golf, suara tersebut mencapai saraf, dan sel-sel rambut di  telinga membawanya ke otak dan mencerna suara tersebut.

BACA JUGA:Strategi Kreatif Bisnis Properti Restoran Cepat Saji McD: Perjalanan Bisnis McDonald's dan Kegemilangan

Telinga merupakan organ yang terletak di kedua sisi kepala dan bertugas untuk mendengar suara. Organ ini berperan penting dalam kehidupan kita, termasuk menikmati musik, berkomunikasi dan menerima informasi dari lingkungan sekitar.

Telinga dapat menangkap gelombang suara dan mengolahnya menjadi ucapan yang dapat dipahami otak. Sayangnya, ketika organ  ini tidak berfungsi dengan baik, kita kehilangan kemampuan  mendengar suara dan  kesulitan  berinteraksi dengan lingkungan.

Telinga Bagian Luar

1. Pendengaran Eksternal merupakan adalah saluran yang memanjang dari bagian luar kepala hingga membran timpani, di setiap telinga.

BACA JUGA:Pentingnya Mengetahui Tips Pengisian Baterai Mobil Listrik bagi Pemula

Struktur saluran pendengaran eksternal sama pada semua mamalia. Tabung agak melengkung yang memanjang ke dalam dari dasar telinga, atau bagian pendengaran telinga luar, dan berakhir  di membran timpani yang memisahkan telinga tengah.

  • Helix adalah Bagian luar telinga yang melingkar.
  • Antihelix adalah Terletak di dalam helix, membentuk struktur kurva.
  •  Concha adalah Cekungan yang dalam di dalam telinga.

BACA JUGA:Land Rover Defender Pacific Blue Edition Merayakan Budaya Selancar Australia

  •  Lobus adalah Bagian bawah telinga yang sering diidentifikasi sebagai "cuping".

BACA JUGA:5 Teknik Terbaru Memperbaiki Kerusakan pada Sofa yang Mengalami Kerusakan Berat, Simak Langkahnya!

2. Luaran Telinga terdiri dari gendang telinga, gendang telinga, dan gendang telinga. Fungsi gendang telinga adalah  membantu menyalurkan suara  ke dalam liang telinga dan dilanjutkan ke gendang telinga. Beberapa hal yang tidak sering kita dengar, yaitu:

  •  Kantung Telinga adalah Melindungi telinga dari debu dan kotoran.
  •  ragus dan Antitragus adalah Dua tonjolan di dekat pintu telinga.
  •  Meatus Auditorius Eksternus adalah Saluran telinga eksternal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber