Inilah Jenis Motor Matic Pertama di Indonesia! Sejarah dan Perkembangan Vespa Matic

Inilah Jenis Motor Matic Pertama di Indonesia! Sejarah dan Perkembangan Vespa Matic

Jenis Motor Matic Pertama di Indonesia --Foto : freepik-marymarkevich

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Banyaknya jenis vespa matic yang ada di pasaran Indonesia memang cukup beragam, mulai dari yang memiliki harga puluhan juta bahkan hingga mencapai ratusan juta.

Vespa merupakan sebuah motor skuter ikonik yang berasal dari negara Italia ini sudah mulai eksis semenjak tahun 1950-an.

Bentuk dari motor ini yang terbilang khas hingga saat ini masih dipertahankan, hal ini membuat pengguna dari motor jenis ini merasa memiliki kebanggaan tersendiri.

Motor yang berasal Italia ini memiliki beragam penggemar yang terdiri mulai dari anak muda hingga kolektor.

BACA JUGA:Lakukan 5 Hal ini Dalam Merawat Motor Vespa Matic Agar Motor Menjadi Tahan Lama!

 

Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan
Sejarah dan perkembangan dari motor jenis vespa matic--Foto : freepik-marymarkevich.

 

Sejarah Motor Jenis Vespa

Pada zaman dahulu, vespa dipasarkan dalam bentuk skuter yang memiliki mesin 2-Tak. Jantung pacunya yang berada pada bagian sebelah kiri dan membuat ini menjadi salah satu keunikan dari motor jenis ini.

Meskipun bentuk dari motor ini terlihat sederhana. Namun, motor ini ternyata sangat diandalkan sebagai armada dalam membawa barang-barang penting pada zaman perang.

Memiliki kemampuan mesinnya yang andal dapat membantu para prajurit ketika sedang berada di medan perang.

BACA JUGA:Keunikan Vespa Primavera Edisi Mickey Mouse: Eksklusifitas dan Harga Fantastis

Seiring perkembangan zaman, mesin 2-Tak ini dianggap sebagai salah satu dari penyebab adanya polusi udara.

Akhirnya mesin 2-Tak ini sudah tidak lagi digunakan oleh semua produsen kendaraan bermotor termasuk vespa itu sendiri.

Sebagai gantinya dihadirkan mesin 4-Tak yang dianggap lebih ramah lingkungan dan masih dipertahankan sampai pada saat ini.

Era dari vespa 4-Tak ini terus berkembang seiring dengan berkembangnya kemajuan zaman. Inovasi teknologi ini disematkan untuk memenuhi kebutuhan para penggemar motor jenis ini.

BACA JUGA:Rahasia Vespa Elettrica Bisa Jebol Kantong Hingga Ratusan Juta Rupiah, Teknologi Italia Membuatnya Berbeda

Pengguna vespa akhir-akhir ini terus bertambah, demikian pula dengan model yang ditawarkan menjadi semakin banyak dan variatif. 

Hal ini menjadikan konsumen menjadi merasa lebih leluasa dalam menentukan pilihannya. Pemetaan usia konsumen juga menjadi lebih terukur dengan munculnya beragam model pada varian vespa.

Di Indonesia sendiri, vespa klasik dan model yang terbaru memiliki karakter yang cukup berbeda. Meskipun begitu, rasa persaudaraan antara para pemilik vespa sendiri masih terbilang cukup tinggi dan menjadi nilai lebih dari kendaraan ini.

BACA JUGA:Ini Spesifikasi Vespa Capres Anies dan Wapres Cak Imin pas lagi di Jombang

 

Kemunculan Vespa Matic

Saat ini mulai muncul vespa jenis baru yang lebih dikenal dengan vespa matic. Vespa matic merupakan salah satu dari jenis sepeda motor matic.

Vespa matic di Indonesia sendiri, dipasarkan dengan harga termurahnya sekitar 30 juta rupiah. Sementara untuk harga termahalnya sendiri bahkan bisa mencapai hingga ratusan juta, belum lagi jika unit dari kendaraan tersebut merupakan edisi limited edition atau edisi terbatas yang berkolaborasi dengan pihak tertentu.

Bagi orang yang ingin memiliki vespa matic, sebaiknya kenali terlebih dahulu model-model dari vespa matic yang ditawarkan oleh PT Piaggio Indonesia (PID) selaku Agen Pemegang Merek (APM).

BACA JUGA:Scooter Owners Group Palembang (SOG Palembang): Roda Klasik yang Menggetarkan Hati Para Pecinta Vespa


Motor Matic di Indonesia Vespa --Foto : instagram-vespa_indonesiaofficial

 

Vespa Matic Pertama di Indonesia

Vespa Corsa 125 merupakan jenis sepeda motor matic. Vespa legendaris ini merupakan motor matic pertama yang ada di Indonesia.

Vespa jenis ini mempunyai hal unik yang mungkin tidak terdapat pada skutik zaman sekarang. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui, bahwa sebenarnya motor matic pertama yang ada di Indonesia bukanlah Yamaha Nouvo atau Yamaha Mio, namun sebuah motor vespa.

Lebih tepatnya adalah Vespa Corsa 125 yang diproduksi oleh PT Dan Motor Indonesia (DMI) pada sekitar tahun 1983, yang juga dinobatkan sebagai motor matic pertama di Indonesia.

BACA JUGA:Scooter Owners Group Palembang (SOG Palembang): Roda Klasik yang Menggetarkan Hati Para Pecinta Vespa

Karena tahun produksinya yang sudah cukup lama, keberadaan motor Vespa Corsa 125 saat ini tergolong sangat langka.

Meski memiliki tampilan seperti vespa yang identik dengan persneling pada tuas bagian sebelah kiri stang. Namun, Vespa Corsa 125 ini merupakan sebuah motor matic.

Hal ini dikarenakan Vespa Corsa 125 tidak dibekali dengan pedal rem yang biasanya terdapat pada bagian pijakan kaki.

Posisi rem belakangnya juga dipindahkan ke tuas sebelah kiri yang biasanya menjadi tuas kopling. Meski bertransmisi otomatis, ternyata Vespa Corsa 125 memiliki keunikan yang tidak ditemukan pada skutik modern.

BACA JUGA:Motor Matic Anda Lemot? Ini Tips yang Harus Kalian Coba

Terdapat transmisi netral yang membuat Vespa Corsa 125 tidak bisa langsung berjalan saat gas motor ditarik. Pengguna harus memindahkan posisi giginya terlebih dahulu dari posisi netral.

Setelah dipindahkan Vespa Corsa 125 baru dapat berjalan seperti skutik zaman sekarang. Vespa Corsa 125 ini dibekali dengan mesin 2-tak, yang mempunyai kapasitas sebesar 121 cc dengan tenaga sebesar 6,87 dk.

Saat ini sudah banyak jenis dan varian motor matic yang berkeliaran di pasaran Indonesia, salah satunya adalah motor vespa matic ini.

BACA JUGA:Mengendalikan Motor Matic dengan Teknik Ngerem yang Benar di Jalanan Menurun

Motor matic ini merupakan jenis motor yang terbilang mudah untuk dipelajari dan digunakan oleh berbagai kalangan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber