BPS Sumsel Prediksi Inflasi Sumsel Desember 2023 Akan Kembali Naik

BPS Sumsel Prediksi Inflasi Sumsel Desember 2023 Akan Kembali Naik

BPS Sumsel Prediksi Inflasi Sumsel Desember 2023 Akan Kembali Naik -geralt-pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Angka inflasi Year on Year Sumatera Selatan Pada November 2023 tercatat sebesar 3,52 persen. Angka tersebut terpantau lebih tinggi ketimbang inflasi year on year secara nasional yang di angka 2,86 persen. 

Terkait hal tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, Moh Wahyu Yulianto mengatakan jika kenaikan angka inflasi Sumsel sendiri terjadi karena beberapa faktor, seperti adanya kebijakan kenaikan tarif PDAM di Palembang.

Meski begitu, angka inflasi Sumsel sebesar 3,52 persen sendiri dinilai masih on the track. Dengan angka tersebut, dari ekspektasi Bank Indonesia angka inflasi Sumsel bisa di angka 3 plus minus satu. 

“Ada tekanan inflasi di Sumsel, di bulan Oktober dan November. Lebih karena kebijakan kenaikan tarif PDAM di Palembang. Tapi Alhamdulillah masih on the track ya, inflasi kita masih di 3,52 persen.” Ungkapnya.

BACA JUGA:Mari Menghitung Nutrisi: Inilah kandungan Yang Ada Dalam 100 Gram Anggur Hitam

Hingga akhir tahun 2023 ini, masih menyisakan satu bulan lagi, dimana ada Natal dan tahun baru, dan dengan 2 kegiatan tersebut diperkirakan pada Desember inflasi akan kembali naik.

“kita masih ada satu bulan, ada Natal dan Tahun baru. Kita tidak bisa menghindar lagi, pasti ada kenaikan inflasi di situ. Tapi harapannya, kenaikannya tidak tinggi.” Lanjut Kepala BPS Provinsi Sumsel, Moh Wahyu Yulianto.

Ditambahkan Kepala BPS Provinsi Sumsel, Moh Wahyu Yulianto. Meski pada Desember 2023 ini angka inflasi diprediksi akan kembali naik, namun diharapkan kenaikan tidak terlalu tinggi seperti halnya pada Desember 2022 lalu, yang angka inflasi Sumsel hampir menyentuh angka 5 persen akibat adanya kenaikan harga BBM secara nasional.


Kepala BPS Provinsi Sumsel, Moh Wahyu Yulianto-foto/sandi pratama-PALTV

“Tahun 2022 hampir di angka 5 persen, karena secara nasional ada kenaikan BBM. Meski begitu, saya yakin inflasi kita di tahun 2023 ini tetap terjaga dan lebih rendah dari tahun 2023 lalu.” Tunkas Kepala BPS Provinsi Sumsel, Moh Wahyu Yulianto.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: