Hati-hati Dengan istidraj! Ini Tanda Rezeki yang Membawa Azab Allah, Jangan Sampai Terlena

Hati-hati Dengan istidraj! Ini Tanda Rezeki yang Membawa Azab Allah, Jangan Sampai Terlena

Hati-hati Dengan istidraj! Ini Tanda Rezeki yang Membawa Azab Allah, Jangan Sampai Terlena--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Rezeki merupakan karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada seluruh manusia, tidak hanya kepada orang yang beriman, tetapi perlu diingat bahwa Rezeki juga dapat menjadi ujian dan membawa azab Allah, terutama bagi mereka yang lalai dan melanggar perintah-Nya. Oleh karena itu, terdapat beberapa tanda-tanda Rezeki yang dapat berubah menjadi azab.

Pada dasarnya, rezeki yang diberikan oleh Allah SWT ditujukan untuk siapa pun yang dikehendaki-Nya. Namun, jika rezeki itu diberikan kepada seseorang yang sering melalaikan ibadah dan terlibat dalam perbuatan maksiat. Maka rezeki tersebut bisa jadi membawa azab Allah SWT.

Dalam Islam, rezeki yang dapat membawa azab Allah SWT ini dapat disebut sebagai istidraj. Rezeki ini berupa kesenangan yang diberkan kepada orang-orang yang dimurkai Allah SWT agar mereka terus lalai.

BACA JUGA:Menelusuri Jejak Tsunami Aceh: Panduan Lengkap Museum

Mengenai istidraj ini, Allah SWT menyampaikanya dalam firman-Nya di dalam Al-Qur'an, dalam surah Al An’am: 44

Yang artinya : Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka.

Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

Mengutip dari buku Kitab Petunjuk Tobat oleh Yusuf Qardhawi, istidraj adalah saat Allah melimpahkan kenikmatan kepada mereka yang durhaka, membuat mereka lupa bersyukur.

Kemudian, dengan tiba-tiba, kenikmatan itu dicabut tanpa memberi kesempatan untuk bertobat. Contoh nyata istidraj adalah ketika seseorang tidak beribadah, tetapi tetap mendapat rezeki melimpah dan terhindar dari penyakit.

BACA JUGA:Waspadalah! Dampak Berbahaya Akibat Tekanan Angin Ban Motor yang Terlalu Tinggi

Banyak yang terjebak dalam istidraj karena menganggap nikmat yang diterima sebagai anugerah, padahal sebenarnya itu adalah ujian yang harus dihadapi.

Istidraj dapat membuat manusia lupa kepada Allah dan merasa tidak membutuhkan-Nya lagi, serta menipu mereka dengan mengalihkan perhatian dari kebenaran dan bahaya di balik kenikmatan tersebut.

Adapun berikut tanda-tanda rezeki yang membawa azab Allah SWT, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber

Harta Terus Melimpah padahal Kikir:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: