Waspada Banjir Saat Musim Penghujan, Kodim 0418 Karya Bakti di Pasar Sekip Palembang

Waspada Banjir Saat Musim Penghujan, Kodim 0418 Karya Bakti di Pasar Sekip Palembang

Hadapi Musim Hujan, Kodim 0418 Karya Bakti di Pasar Sekip Palembang -Foto/Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID– Dalam rangka HUT Kodam II Sriwijaya, Kodim 0418 PALEMBANG bersama dengan Pemerintah Kota PALEMBANG, organisasi masyarakat, dan lainnya. 

Melaksanakan kegiatan Karya Bakti, di Pasar Sekip Ujung, pada Kamis 7 Desember 2023. Dalam kesempatan tersebut, Pangdam 2 Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil langsung melakukan peninjauan didampingi Dandim 0418, serta Pj Walikota Palembang.

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan kegiatan ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, sebagai persiapan menghadapi musim hujan, yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia.

Dalam kegiatan ini saluran air di pasar dan seluruh kota Palembang akan dibersihkan, selama 2 Minggu berturut-turut, untuk mengurangi banjir.

BACA JUGA:Peluang Bisnis Bolu dan Jamu melalui Pelatihan Sinergi GOW dan DPPPA OKU

“ini perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Bapak Jenderal Maruli Simanjuntak, untuk melaksanakan pembersihan pasar, pembersihan selokan, dan penananman pohon. 

Ini dilakukan, karena bulan Desember kedepan kita memasuki musim penghujan, dimana pasar ini kalau tidak dibersihan bisa menimbulkan demam berdarah. Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, dan di Kodam ini dilakukan se-Sumbagsel. 

Tentunya ini dilaksanakan selama 2 minggu berturut-turut dulu, nanti kita laporkan ke Angkatan Darat. Jadi hari ini kita lakukan pembersihan pasar, besok penanaman pohon, besok lagi pembersihan selokan untuk mengurangi banjir di wilayah kota Palembang.” Ungkap Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil.


Hadapi Musim Hujan, Kodim 0418 Karya Bakti di Pasar Sekip Palembang -Foto/Sandy Pratama-PALTV

Dandim 0418 Palembang, Kolonel Czi Arief Hidayat menyampaikan dalam kegiatan ini diikuti 250 orang personel TNI dari Kodim, Raider, dan Yonkaf, serta Pereintah kota Palembang dan organisasi masyarakat. Pemilihan pasar sekip untuk kegiatan perdana, karena kerap menjadi langganan banjir.

“untuk mekanisme di wialayah kita sendiri yang kita laksanakan, kita melibatkan seluruh stakeholder, ada dari kita melibatkan 250 orang personel tentara, itu dari Kodim, Raider, Yonkaf. 

Kemudian dari Dinas Lingkungan hidup, PUPR, organisasi masyarakat dan lain-lain. Pemilihan tempat ini, kita perlu memiliki tempat luas untuk gelar pasukan, dan di tempat ini selalu terjadi banjir.” Terang Dandim 0418 Palembang, Kolonel Czi Arief Hidayat.

Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa mengatakan kegiatan ini adalah awal dana kan digerakan di seluruh pasar yang adi Palembang. 

BACA JUGA:Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim: Pandangan Delegasi Indonesia di COP ke-28

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: