Peluang Bisnis Bolu dan Jamu melalui Pelatihan Sinergi GOW dan DPPPA OKU

Peluang Bisnis Bolu dan Jamu melalui Pelatihan Sinergi GOW dan DPPPA OKU

60 peserta dari GOW ikutan pelatihan pembuatan makanan dan jamu-Foto/ ari pranika-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kesetaraan gender tak hanya dilakukan dibidang politik saja, melainkan perempuan juga diberikan keleluasaan untuk mengembangkan diri diberbagai aspek. 

Diantaranya perempuan juga diberikan kesempatan yang sama untuk menjadi perempuan yang mandiri dibidang kewirausahaan sehingga innovasi dan kreativitas yang dimiliki perempuan tidak terbatas mengurus rumah tangga saja. Peran perempuan dalam menunjang ekonomi keluarga juga sangat penting. 

Para kaum hawa ini bisa mengembangkan industri rumahan sehingga dapat menambah penghasilan keluarga tampa harus meninggalkan pekerjaan rumah. 

Dikabupaten OKU kolaborasi Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (PPPA) OKU bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) setempat terus melakukan upaya memperdayakan perempuan dibidang ekonomi. 

BACA JUGA:Pure Uluwatu Bali! Menikmati Ombak Diantara Pure Pure Cantik Di Tepi Laut

Melalui pelatihan Industri rumahan, Sebanyak 60 peserta dari berbagai organisasi wanita bergabung dalam kegiatan advokasi kebijakan dan pendampingan yang diadakan di Grand Kemuning Baturaja pada Kamis (07/12/2023).

Para peserta mengikuti pelatihan membuat bolu, lapis nanas, engkak ketan, dan ramuan tradisional (jamu).

Hal ini menjadi langkah strategis untuk mencapai tujuan kewirausahaan industri rumahan dalam rangka pemberdayaan perempuan. 

Kepala DPPPA OKU, Ir H Arman M.Si melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan, Siti Mariam, mengungkapkan pelatihan kewirausahaan perempuan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada perempuan di OKU dalam bidang kewirausahaan,  di bidang industri makanan.

BACA JUGA:Tahukah Anda? Pemanasan Motor Injeksi Terlalu Lama Bikin Usia Komponen Mesin Jadi Pendek

"Tujuan kita membuat pelatihan ini perempuan di OKU dapat mengambil peran dalam menunjang ekonomi keluarga dengan mengembangkan keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan ekonomi sehari-hari," kata Siti Mariam. 

Menurut Siti Mariam Pemerintah Kabupaten OKU melalui Dinas PPPA OKU mendukung penuh inisiatif dalam upaya pemberdayaan perempuan. 

Salah satunya menggandeng GOW sebagai langkah kolaboratif dalam memajukan perempuan di OKU. Gol dari kegiatan ini perempuan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru sehingga perempuan di OKU dapat lebih percaya diri dan mandiri dalam menjalankan usaha mereka.

"Pelatihan ini sesungguhnya memainkan peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan menciptakan peluang bagi perempuan untuk berkembang dalam berbagai bidang," jelas Siti Mariam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: