Gabungan Organisasi Wanita di Ogan Komering Ulu Gelar Puncak Peringatan Hari Ibu ke-95

Gabungan Organisasi Wanita di Ogan Komering Ulu Gelar Puncak Peringatan Hari Ibu ke-95

Peringatan Hari Ibu ke-95 digelar di gebung Kesenian Baturaja.-Foto/Ari Pranika-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar peringatan hari ibu ke 95 yang dipusatkan di gedung Kesenian Baturaja, Rabu (20/12/2023). 

Kegiatan yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (DPPPA) kabupaten OKU mengusung tema "Perempuan Berdaya, Peduli untuk Generasi Cerdas".

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) OKU, Hj Indrawati Sahrial MH mengungkapkan peringatan hari ibu merupakan momen penting untuk mengingat sosok seorang ibu sebagai pejuang dan sosok inspiratif. 

Secara singkat dirinya menceritakan, perayaan Hari Ibu berawal dari gemah sumpah pemuda dan lantunan lagu Indonesia Raya pada tanggal 28 Oktober 1928 digelorakan oleh kongres pemuda Indonesia. 

BACA JUGA:Menjaga Stabilitas Harga Bahan Pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2024, Pemkot Palembang Sidak Pasar KM 5!

Hal itu menggugah para pemimpin perkumpulan para perempuan untuk mempersatukan diri menjadi satu kesatuan wadah mandiri yang saat itu sebagaian besar perkumpulan masih menjadi bagian dari perkumpulan pemuda pejuang pergerakan bangsa. 

"Atas prakarsa para perempuan tersebut pada tanggal 22-25 Desember 1928 diselenggarakan kongres perempuan untuk pertama kalinya di Jogjakarta. 

Salah satu keputusannya ialah dengan membentuk organisasi federasi yang mandiri yakni Perikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia (PPPI)," ujarnya Indrawati.

BACA JUGA:Jelang Nataru Harga Sembako Stabil, Harga Ayam Mulai Naik

Sementara pada kongres kedua di Jakarta, menetapkan wanita sebagai ibu bangsa yang berkewajiban untuk menumbuhkan dan mendidik generasi muda yang lebih menyadari dan lebih tebal kebangsaannya. 

Memperingati Hari Ibu tidak hanya untuk menghargai jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik ibu dan istri maupun sebagai warga negara serta sebagai pejuang dalam merebut kemerdekaan dalam pembangunan nasional.


Peringatan Hari Ibu ke-95 digelar di gebung Kesenian Baturaja.-Foto/Ari Pranika-PALTV

"Momen ini juga mengingatkan  masyarakat dan generasi muda bahwa makna Hari Ibu adalah sebagai hari kebangkitan kesatuan serta persatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa," kata perempuan yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD OKU ini.

Sementara itu, Kapala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) OKU, Ir Arman MSi melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan, Siti Mariam menambahkan jika DPPPA OKU di tahun ini telah melakukan beberapa kegiatan dalam mendukung peran wanita dalam keluarga dan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: