Indonesia Menyapa Dunia dengan Keindahan Budaya dan Produk Unggulan

Indonesia Menyapa Dunia dengan Keindahan Budaya dan Produk Unggulan

Festival ASEAN di LALAPORT Bukit Bintang City Center --Foto : kemlu.go.id/KBRI Kuala Lumpur

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam rangka mempererat hubungan antarnegara ASEAN, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur aktif berpartisipasi dalam Festival ASEAN yang digelar perdana di Malaysia.

Acara yang berlangsung mulai 30 November hingga 3 Desember 2023 ini menjadi wadah bagi negara-negara anggota ASEAN, termasuk Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Brunei Darusalam, untuk memamerkan keberagaman budaya, produk unggulan, dan destinasi wisata mereka.

Menurut Yoshi Iskandar, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur, festival ini bukan hanya sekadar ajang promosi, tetapi juga menjadi momentum penting untuk memperkuat persahabatan di antara negara-negara ASEAN.

"Festival yang diselenggarakan di Malaysia ini merupakan yang pertama kali diadakan di Malaysia, momen ini harus kita gunakan dalam rangka yang mana tentunya meningkatkan kekerabatan negara-negara ASEAN," ujarnya.

BACA JUGA:Pesona Gatotkaca Terwujud di Pagelaran Wayang Kulit Moskow


festival ini bukan hanya sekadar ajang promosi, tetapi juga menjadi momentum penting untuk memperkuat persahabatan di antara negara-negara ASEAN.--Foto : kemenlu/KBRI Kuala Lumpur

Festival ASEAN di LALAPORT Bukit Bintang City Center menyajikan kombinasi antara pertunjukan seni dan budaya, hiburan, dan pameran produk khas negara-negara ASEAN.

Acara tersebut mendapat dukungan besar dari Tourism Malaysia, Kedutaan Besar negara-negara ASEAN di Malaysia, serta asosiasi bisnis lokal dan internasional terkemuka. Terdapat empat komponen utama dalam festival ini, yaitu ASEAN Market, ASEAN Travel Fair, ASEAN Food, dan Pesta Musik ASEAN.

Indonesia turut meramaikan festival ini dengan mendirikan stan di lantai 4 Lalaport Bukit Bintang City Center. Stan tersebut memamerkan kekayaan seni budaya, pariwisata, dan kuliner Indonesia.

Salah satu sorotan pada pembukaan acara adalah penampilan Tarian Betawi Kinang Kilaras oleh KBRI Kuala Lumpur serta perkenalan baju adat Palembang Paksangko.

BACA JUGA:RUSSIA EXPO 2023: Gemerlap Kebanggaan dan Kejayaan di Moskow


Partisipasi ini diharapkan dapat membuka peluang akses pasar di Malaysia dan sekaligus memperluas peluang ekspor-impor --Foto : kemenlu/KBRI Kuala Lumpur

Tidak hanya sebagai ajang promosi, festival ini juga memberikan kesempatan bagi 12 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai provinsi di Indonesia untuk terlibat. Partisipasi ini diharapkan dapat membuka peluang akses pasar di Malaysia dan sekaligus memperluas peluang ekspor-impor ke Malaysia dan negara-negara tetangga.

Pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam "View Of Indonesia Survey 2023" dengan mengisi QR Code yang disediakan, memberikan mereka kesempatan untuk lebih memahami keindahan dan keunikkan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia menyapa dunia dengan keindahan budaya dan produk unggulan