Beralih ke makanan sehat di usia 40-an dapat meningkatkan harapan hidup hingga Lebih 10 tahun

Beralih ke makanan sehat di usia 40-an dapat  meningkatkan harapan hidup hingga Lebih 10 tahun

Beralih ke makanan sehat di usia 40-an dapat meningkatkan harapan hidup hingga Lebih 10 tahun--

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Beralih ke makanan sehat di usia 40-an dapat meningkatkan harapan hidup hingga lebih 10 tahun,demikian hasil penelitian. Inilah makanan yang harus Anda konsumsi

Menurut Samina Ansari, ahli diet senior dan ahli gizi di Care Hospital, peningkatan harapan hidup ini disebabkan oleh efek luar biasa dari pola makan yang sehat pada sejumlah faktor.

Menurut sebuah penelitian terbaru, mengadopsi dan mempertahankan pola makan yang lebih sehat dapat meningkatkan harapan hidup orang dewasa paruh baya dan lanjut usia hampir satu dekade.

Penelitian yang diterbitkan awal pekan ini di jurnal Nature Food, menganalisis data kesehatan dari hampir setengah juta penduduk Inggris yang ikut serta dalam penelitian UK Biobank, yang mendokumentasikan kebiasaan makan mereka dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:Apakah diabetes dapat menyebabkan kerontokan rambut?

Para peneliti mengkategorikan 467.354 partisipan berdasarkan pilihan makanan mereka dan melacak bagaimana kebiasaan ini berubah.

Model penelitian ini mengungkapkan peningkatan yang mengejutkan dalam harapan hidup sekitar 10 tahun bagi mereka yang berusia 40-an.

Mereka yang beralih dari pola makan yang tidak sehat ke pola makan yang berhubungan dengan umur panjang.

Perubahan yang menguntungkan ini sangat terasa, memperpanjangnya 10,8 tahun untuk wanita dan 10,4 tahun untuk pria.

BACA JUGA:Kue Mipan Jajanan Tradisional khas China Yang Jarang Ditemui

Transisi dari pola makan biasa (yang jelas berbeda dengan pola makan tidak sehat) ke pola makan yang berhubungan dengan umur panjang di usia 40-an meningkatkan harapan hidup 3,1 tahun untuk wanita dan 3,4 tahun untuk pria.

Yang mengejutkan, perbaikan pola makan yang sama pada tahun 70-an memperpanjang harapan hidup sekitar lima tahun.

Hasil penelitian ini menyoroti dampak potensial dari pilihan makanan terhadap kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan, terutama jika diterapkan sejak dini.

Menurut Samina Ansari, Ahli Diet dan Ahli Gizi Senior di Care Hospital, peningkatan angka harapan hidup ini disebabkan oleh efek signifikan dari pola makan yang sehat pada sejumlah faktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber