Indonesia Dipuji sebagai Tamu Kehormatan dalam Pameran Teknologi Internasional ke-11

 Indonesia Dipuji sebagai Tamu Kehormatan dalam Pameran Teknologi Internasional ke-11

Indonesia Dipuji sebagai Tamu Kehormatan dalam Pameran Teknologi Internasional ke-11--Foto : Kemenlu RI/KBRI Beijing

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia menjadi tamu kehormatan dalam The 11th China (Mianyang) Science & Technology City International High-Tech Expo yang berlangsung di Kota Mianyang, Provinsi Sichuan, Tiongkok, mulai tanggal 22 hingga 26 November.

Pemerintah Kota Mianyang, Provinsi Sichuan, mengundang Indonesia untuk menandai 10 tahun kerja sama komprehensif strategis antara kedua negara dan mengimplementasikan hasil pertemuan antara Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping di Chengdu pada bulan Juli lalu.

Dalam tema pameran "Lead by Science and Technology—Innovation, Transformation, Opening-up and Cooperation," Indonesia diangkat sebagai negara tamu kehormatan.

Dalam pembukaan Paviliun Indonesia, Dubes Djauhari menyampaikan bahwa Indonesia berfokus pada lima prioritas dalam bidang riset dan teknologi, yakni ekonomi hijau, ekonomi maritim, ekonomi digital, kesehatan, serta pariwisata dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA:Protes Petugas Kesehatan Australia Menyikapi Serangan Israel di Palestina

"Paviliun Indonesia memberikan kesempatan kepada masyarakat Tiongkok untuk melihat pencapaian inovatif di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia," ujar Dubes Djauhari.

Selain sektor ilmu pengetahuan dan teknologi, paviliun Indonesia juga memamerkan produk ekspor makanan dan minuman unggulan yang telah berhasil memasuki pasar Tiongkok. Produk-produk tersebut meliputi sarang burung walet, kopi, wafer, biskuit, santan, minuman air kelapa, dan lainnya.

Tak hanya itu, paviliun Indonesia juga menawarkan promosi budaya Indonesia. Acara pembukaan paviliun dihiasi oleh penampilan tarian Enggang dari Sanggar Tari Yingde Rainbow Thousand Island, yang disambut meriah oleh pengunjung.

Dalam acara pembukaan pameran, Dubes RI bersama dengan pejabat tinggi Tiongkok, termasuk Wakil Ketua Komite Nasional Konferensi Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok, Wakil Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi RRT, Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi RRT, serta Sekretaris Jenderal CPC Provinsi Sichuan, turut membuka The 11th China (Mianyang) Science & Technology City International High-Tech Expo.

BACA JUGA:Pesona Gatotkaca Terwujud di Pagelaran Wayang Kulit Moskow


Dubes Djauhari : Paviliun Indonesia memberikan kesempatan kepada masyarakat Tiongkok untuk melihat pencapaian inovatif di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,--Foto : Kemenlu RI/KBRI Beijing

Pertemuan bilateral antara Delegasi RI, yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, dengan perwakilan Tiongkok membahas potensi kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurut Menkes Budi, Indonesia dan Sichuan dapat berkolaborasi dalam enam agenda, termasuk industrialisasi, interkoneksi, digitalisasi, dekarbonisasi, distribusi ekonomi, dan pendidikan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan.

Selain menampilkan capaian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta produk ekspor unggulan, Indonesia juga memamerkan keindahan alam dan budaya dalam Indonesia Nature and Cultural Photography Exhibition di Museum Mianyang dari tanggal 21 November 2023 hingga 21 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.kemlu.go.id/