Doa-doa Penangkal Banjir Saat Musim Hujan

Doa-doa Penangkal Banjir Saat Musim Hujan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Musim hujan yang telah tiba membawa intensitas curah hujan yang meningkat di berbagai wilayah. Kekhawatiran terhadap potensi banjir menjadi hal yang tak terhindarkan, mengingat dampak yang bisa ditimbulkannya.

Banjir dapat membahayakan nyawa dan merusak harta benda, sehingga menjadi penting bagi kita untuk berdoa agar terhindar dari bencana tersebut.

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah, diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah, dapat dibaca ketika hujan deras turun dan dikhawatirkan terjadi banjir.

BACA JUGA:Rahasia Dibalik Ibadah Haji: Siapa Terbiasa Penuhi Panggilan Azan, Allah SWT Mudahkan Panggilan ke Baitullah


Doa-Doa Penangkal Banjir Saat Musim Hujan--Foto : Dokumentasi_paltv disway

Doa ini mencerminkan harapan agar hujan membawa berkah dan manfaat tanpa membawa malapetaka. Berikut adalah doa tersebut:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

"Ya Allah, limpahkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon."

BACA JUGA:Kisah Al Ula, Kota Terkutuk yang Dihindari oleh Nabi Muhammad SAW

Selain doa tersebut, Rasulullah juga mengajarkan doa lain saat hujan, yang tercantum dalam kitab Maslakul Akhyar:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

"Wahai Tuhanku, jadikanlah hujan ini berkat dan bermanfaat."

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Tidak Perlu dengan Harta, Sedekah ini Paling Mudah Diamalkan Namun Tetap Berpahala

Ketika kita berdoa dengan tulus, kita memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa-doa ini mengajarkan kita untuk selalu berharap pada-Nya dan menjadikan musim hujan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Semoga dengan doa ini, kita dapat terhindar dari bencana banjir dan senantiasa mendapatkan rahmat serta perlindungan-Nya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag.go.id