Apa Saja Kebebasan yang Perlu Ditanam pada Anak Sejak Usia Dini? Berikut Ulasan Selengkapnya

Apa Saja Kebebasan yang Perlu Ditanam pada Anak Sejak Usia Dini? Berikut Ulasan Selengkapnya

Apa Saja Kebebasan yang Perlu Ditanam pada Anak Sejak Usia Dini? Berikut Ulasan Selengkapnya--pixabay.com

Melalui permintaan maaf ini, anak-anak juga akan mengerti bahwa mereka harus berani mengakui kesalahannya, disadari atau tidak. Kebiasaan bertindak ini membuat kesalahan terkecil sekalipun sulit untuk diabaikan.

4. Minta maaf jika Anda berjalan melewati seseorang

Mengajari anak Anda mengucapkan kata "maaf" sama pentingnya dengan perilaku yang baik. Apalagi saat berada di lingkungan outdoor, anak akan sering menghadapi situasi ramai dan ingin melintas di antara yang tersedia.

Mengucapkan "maaf" adalah suatu keharusan ketika ingin berpapasan atau berpapasan dengan seseorang, apalagi orang yang sudah lanjut usia. Tidak hanya sekedar berpapasan, “permisi” juga harus diajarkan kepada anak saat mengunjungi dan menyapa orang lain.

5. Menyapa dan berpamitan saat berangkat

Menyapa orang saat bertemu orang lain maupun saat memasuki rumah merupakan kebiasaan yang juga sangat penting untuk diajarkan. Pasalnya, hal semacam ini bisa menjadi bekal bagi anak untuk berintegrasi dengan masyarakat, bahkan saat mereka bersekolah nanti. Rutinitas ini akan menjadi bagian dari pelajaran karakter anak lho.

Tidak hanya salam, pamitan saat berangkat juga harus diajarkan terutama melalui keteladanan orang tua. Meski terlihat sepele, kebiasaan ini membangun rasa menghargai orang lain.

6. Berkata tolong saat butuh bantuan

Meminta bantuan merupakan situasi yang sering dihadapi anak karena keterbatasan kemampuannya. Oleh karena itu, penting untuk mengajari anak mengatakan "tolong" saat meminta bantuan orang lain.

Melalui kebiasaan ini, anak akan mengerti bagaimana meminta bantuan dan menghormati orang lain. Bukan hanya karena sopan kepada orang tua, tetapi juga kepada teman-teman yang seumuran.

7. Mengajarkan anak mengendalikan emosinya di depan umum

Bahkan bisa dikatakan bahwa anak kecil belum bisa mengendalikan emosinya. Namun, hal semacam inilah yang seharusnya menjadi landasan etika yang diajarkan, khususnya di depan umum. Ajari anak Anda untuk tidak membentak, memukul, dan mengamuk saat berada di luar.

Bukan berarti ibu boleh masuk. Namun, mengajarkan etiket ini akan memastikan anak tahu bagaimana berperilaku di tempat umum seperti taman bermain atau pusat keramaian lainnya.

8. Sabar saat mengantri

Budaya mengantri harus diajarkan sejak dini lho. Ini karena budaya antre tidak dapat dengan mudah diimplementasikan begitu mereka tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: popmama.com