Apa Saja Kebebasan yang Perlu Ditanam pada Anak Sejak Usia Dini? Berikut Ulasan Selengkapnya

Apa Saja Kebebasan yang Perlu Ditanam pada Anak Sejak Usia Dini? Berikut Ulasan Selengkapnya

Apa Saja Kebebasan yang Perlu Ditanam pada Anak Sejak Usia Dini? Berikut Ulasan Selengkapnya--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.IDOrang tua adalah cerminan bagi anaknya, apapun kebiasaan Orang tua yang dilihat oleh anak, maka itulah yang akan dia lakukan selanjutnya oleh anak tersebut.

Maka dari itu, berilah kebiasaan yang baik terhadap anak agar anak lebih terdidik dan tidak menjadi nakal di kemudian hari. Karena, anak kecil adalah peniru handal yang kapan saja bisa menjadi impian orang tuanya. 

Jika kita mengharapkan anak yang berwibawa, maka berilah contoh wibawa yang baik terhadap anak sejak usia dini. Jika tidak ingin anak menjadi bandel, maka kurangilah tindakan kekerasan terhadap anak. Namun, kebiasaan tersebut tidak mudah untuk semua orang lakukan agar memberika contoh terhadap anaknya. 

Jika kalian ingin menjadi orang tua yang baik, maka berikanlah dedikasi dan juga wawasan untuk bisa diterapkan oleh anak sejak dini, seperti membentuk kepribadian yang baik dan juga kebiasaan yang baik juga. 

BACA JUGA:Panorama Keindahan Labuan Bajo, Surga Tersembunyi di Indonesia Timur

BACA JUGA:Panorama Keindahan Gunung Lawu yang Bikin Merindu

Mengutip dari popmama.com, berikut ulasan tentang kebiasaan-kebiasaan yang penting diberikan contoh kepada anak sejak usia dini. 

1. Tidak berbicara keras pada lawan bicara

Kebiasaan yang sangat penting untuk diberikan kepada anak adalah nada bicara, karena jika kita membiasakan berkomunikasi dengan nada tinggi secara terus menerus, maka hal ini akan membuat anak menjadi down mental.

Setelahnya, anak akan ikut mengucapkan kalimat secara keras juga. Usahakan agar memberikan contoh berbicara secara santun terhadap orang lain, dengan nada yang rendah dan tegas. Dengan hal ini, anak anda akan lebih bisa menghargai sesama. 

2. Biasakan mengucap tolong saat butuh bantuan dan terima kasih setelah diberikan pertolongan

Terkadang, kita sebagai orang tua seringkali lengah untuk menerapkan ucapan ini. Walaupun terlihat sepele dan singkat, namun sangat berarti jika diterapkan pada anak sejak dini. Kalimat “Tolong” dan “Terima kasih” akan memberikan kesan sopan terhadap anak. 

3. Minta maaf jika terlanjur melakukan kesalahan

Jika anak kita berbuat salah dalam kehidupannya, ajari anak agar bersih keras bisa meminta maaf atas apa yang dia perbuat. Karena, dengan minta maaf bisa menjadi kebiasaan bertanggung jawab sejak dini terhadap anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: popmama.com