Nikmat Kopi Mana Lagi yang Engkau Rasakan?! Bagi Pecinta Kopi, Kenali Ciri Kopi Asli dan Campuran

Nikmat Kopi Mana Lagi yang Engkau Rasakan?! Bagi Pecinta Kopi, Kenali Ciri Kopi Asli dan Campuran

Kenali ciri kopi asli dan oplosan.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa yang tidak kenal kopi, minuman yang lumrah menjadi pilihan bagi pekerja terutama kaum pria, diminum saat mata mulai mengantuk atau sekedar penyemangat di saat mengawali aktivitas.

Seiring waktu, banyak kedai kopi yang mulai menjamur menawarkan ragam varian. Tak hanya rasa pahit yang kita kenal, namun muncul dengan banyak kombinasi rasa.

Meski para penikmat kopi atau masyarakat tak ragu menyakan biji kopi pilihan apa yang digunakan oleh barista, tapi tak sedikit pula yang hanya tahu minum saja.

Bahkan, tanpa menyadari 'kenakalan' oknum pedagang saat menambah campuran kopi dengan alasan oplos rasa, tapi padahal cuma buat menambah untung.

BACA JUGA:Menggoda Selera dengan Rendang Lokan: Kuliner Terbaru yang Harus Dicoba

Membedakan kopi dari segi tampilan itu agak sulit. Sebab, kopi campuran dan kopi asli cenderung terlihat sama. Kopi hanya bisa dibedakan aroma setelah diseduh atau dihirup. 

Nah, sebaiknya bagi Anda yang hendak membeli kopi, sebaiknya terlebih dahulu perhatikan dua hal ini ya, di mana ada ciri-ciri kopi yang disarankan untuk tidak dibeli.

Hal pertama yakni "Kopi Campuran". Ada beberapa cara bisa dilakukan Untuk membedakan mana kopi asli dari biji pilihan dan kopi yang sudah campuran atau sudah dioplos.

Dengan memperhatikan bubuk kopi dan aromanya, kita sudah dapat mengetahui perbedaan kopi yang murni dari biji kopi dan kopi yang sudah dicampur dengan kopi lain atau bahan-bahan lainnya.

BACA JUGA:Wajib Coba, Inilah 4 Makanan Khas Suku Dayak Kalimantan, Ada Sayur Umbut Kelapa

Kopi asli dari murni biji kopi aromanya terasa lembut. Justru kopi yang sudah dicampur dengan bahan lain seperti jagung, aromanya akan lebih menyengat.

Cara yang kedua untuk membedakan kopi campuran dengan mencicipi rasa kopi itu dan akan terasa berbeda di kerongkongan.

Kopi murni dari biji kopi asli ketika diminum rasanya tidak melekat lama di kerongkongan. Lain halnya jika sudah dicampur, rasanya akan lebih lama menempel di kerongkongan.

Untuk mengetahui mana kopi murni asli dari biji kopi pilihan dan mana kopi yang sudah dicampur, bisa menggunakan panduan rasa kopi dari hasil peneitian profesional di bidang kopi (flavour wheel coffee).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: