Mengenal Jenis Biji Kopi yang Sering Dijual oleh Coffe Shop beserta Karakteristiknya

Mengenal Jenis Biji Kopi yang Sering Dijual oleh Coffe Shop beserta Karakteristiknya

Jenis Biji Kopi--Gambar : freepik.com/free-photo/dark-roasted-coffee-beans

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jenis biji kopi ternyata banyak macamnya dan memiliki karakteristik bentuk yang berbeda beda. tidak semua pecinta kopi tau dengan jenis biji kopi apa yang sering dibelinya di coffe shop maupun restoran. 

Dengan mengenal lebih dekat tentang  jenis jenis biji kopi beserta karakteristik nya kita dapat mengetahui seperti apa rasa yang di hasilkan dari masing masing biji kopi dan dapat membantu kita menyesuaikan rasa yang diinginkan. misalnya, kamu bisa menggabungkan antara biji kopi arabica 30% dan robusta 70% untuk menghasilkan rasa kopi yang  pahit dengan sedikit rasa asam.

Nah di artikel kali ini kita akan membahas jenis jenis biji kopi beserta karakteristiknya:

Arabica

Biji kopi ini merupakan salah satu yang sering digunakan dalam pembuatan kopi yang suhu nya panas. biji kopi arabica di tanam di dataran tinggi dengan kisaran ketinggian mulai dari 800 mdpl sampai 1.800 mdpl. ciri khas dari rasa yang dihasilkan oleh biji  kopi ini yaitu asam. rasa asam yang dihasilkan karena tempat penanaman biji kopi ini di dataran tinggi, semakin tinggi biji kopi di tanam  maka akan semakin asam rasa yang dihasilakan oleh biji kopi tersebut. banyak menu yang dapat di hasilkan oleh biji kopi tersebut yaitu seperti V60 coffe, Japanese Ice, dan Vietnam drip.

Robusta 

Tentu sudah tidak asing lagi dengan biji kopi yang satu ini, ya Robusta jenis kopi ini sangat umum sekali di mata masyarakat. pada umumnya biji kopi ini mudah di jumpai karena tempat penanaman biji kopi ini tidak terlalu tinggi yaitu di ketinggian 0 – 800 mdpl. rasa ciri khas yang dihasilkan oleh biji kopi ini tentu berbeda dengan biji kopi sebelumnya yaitu arabica. Rasa dari kopi robusta ini yaitu pahit nya yang bisa di kategorikan tebal. biji kopi ini dapat di convert menjadi espresso.

Apa itu espresso?

Espresso adalah jenis kopi yang dihasilkan dengan mengekstrasi biji kopi yang digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan yang tinggi. pada umumnya espresso kebanyakan berasal dari ekstraksi biji kopi robusta ini yang kemudian di pecah menjadi berbagai macam banyak menu seperti kopi susu dan di campur dengan sirup perisa yang lain. ini berbeda dengan biji kopi arabica yang pembuatan nya benar benar hasil dari ekstraksi kopi tanpa adanya campuran tertentu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber