Hati-Hati Saat Beli Mobil Bekas! Mesin Nya Jangan Dihidupkan Dahulu! Inilah 3 Alasan yang Wajib Untuk Dicek

Hati-Hati Saat Beli Mobil Bekas! Mesin Nya Jangan Dihidupkan Dahulu! Inilah 3 Alasan yang Wajib Untuk Dicek

Hati – Hati Saat Beli Mobil Bekas--(Sumber photo: instagram @sanjayamobilindo)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kenapa sih kalau kita mau ngecek mobil bekas mesin nya jangan dihidupin dahulu? Tujuan sebenarnya adalah untuk mempermudah kita dalam pengecekan tiga komponen utama di dalam mesin.

Tak jarang banyak sekali orang yang tegiur untuk membeli mobil bekas dengan alasan harga murah, tahun keluar mobil yang masih baru, dan body luar dalam mobil yang masih mulus bahkan hampir masih bagus untuk digunakan.

Namun, kebanyakan dari mereka tidak mengerti jika komponen yang paling penting untuk diperhatikan dan dipertimbangankan saat membeli mobil bekas bukan lah hal tersebut melainkan kualitas mesin yang ada pada mobil tersebut. 

BACA JUGA:ASTAGHFIRULLAH! Ibu Rumah Tangga di Palembang Dikatain Mandul Lalu Dianiayah Oleh Teman Sendiri

Karena mesin yang tidak sudah tidak layak lagi akan mempengaruhi jangka waktu pemakaian dan banyak keluar nya biaya saat memperbaiki nya, sehingga bisa menjadi seharga saat membeli mobil baru.

Inilah 3 alasan komponen utama di mesin yang wajib di cek saat membeli mobil bekas :

Radiator

Yang pertama adalah radiator, pastikan di dalam radiator tidak ada timbulnya kerak atau karat. Banyak orang pasti mengatakan bahwa yang namanya mobil di atas usia 10 tahun pasti ada karatan di dalam nya. 

Namun itu salah, sebuah mobil bisa saja dari awal pakai kuler karatnya tidak ada sama sekali. Artinya , sistem pendinginan mesin masih berfungsi dengan normal. Cara mengecek radiator sangatlah gampang, yaitu dengan cara lihat tutup radiator atau bagian mulut radiator, itu akan kelihan karatannya. 

BACA JUGA:Bacakan Replik, JPU Minta Hakim Tolak Eksepsi PH Terdakwa Eddy Ganefo

Kualitas Oli

Saat akan mengecek kualitas oli melalu lipstik tidak hanya volume nya saja yang harus di cek, tetapi kualitas oli nya pun juga harus diperhatikan. 

Karena banyak beberapa oknum pedagang nakal juga da yang mengisi oli mesin dengan pli gardan atau oli treament stp.

Tujuan nya adalah agar suara mesin terdengar lebih halus, sehingga nanti ketika kalian mengganti dengan oli mesin yang asli baru lah keluar suara kasar nya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: