Ini Penyebab Bangun dengan Perasaan Cemas di Pagi Hari

Ini Penyebab Bangun dengan Perasaan Cemas di Pagi Hari

Ini Penyebab Bangun dengan Perasaan Cemas di Pagi Hari-- Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kegelisahan di pagi hari dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pahami apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Apakah Anda memiliki perasaan berat di hati atau kepala Anda segera setelah Anda bangun? Apakah Anda merasa berpikir atau merasa terbebani bahkan sebelum Anda beranjak dari tempat tidur?

Menurut Jasleen Bilgi, Associate City Lead di perusahaan rintisan kesehatan mental Listen, beberapa tingkat stres dianggap sebagai bagian alami dari kehidupan, tetapi mengkhawatirkan secara berlebihan tentang tugas-tugas rutin atau situasi yang menurut orang lain tidak mengancam dapat menjadi gangguan kecemasan

Sebuah studi Lancet tahun 2021 melaporkan peningkatan 35% gangguan kecemasan di India selama pandemi. Studi ini juga menemukan bahwa wanita dan orang yang lebih muda lebih terpengaruh oleh kecemasan dan depresi daripada pria dan orang yang lebih tua.

BACA JUGA:Tidak Boleh Sembarangan! Ada Aturan dan Cara Makan Buah Yang Jarang Diketahui Orang

Temuan serupa dilaporkan dalam data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dirilis pada tahun 2020. Data ini melaporkan bahwa hampir 9,3% pemuda India berusia 18-24 tahun menderita kecemasan atau depresi pada tahap awal pandemi, angka yang meningkat menjadi 16,8% pada Maret 2022. Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa wanita lebih terpengaruh oleh kecemasan dan depresi daripada pria.

 

Mengapa beberapa orang merasa cemas saat bangun tidur di pagi hari?

Bilgi menjelaskan bahwa setiap orang dapat merasa cemas dan kecemasan adalah respons alami terhadap stres. Sebagai contoh, seseorang mungkin merasa cemas segera setelah bangun tidur untuk wawancara kerja atau ujian sekolah.

Namun, jika Anda mulai merasa bahwa kecemasan di pagi hari berada di luar kendali Anda, ini bisa menjadi pertanda adanya masalah yang lebih dalam.

BACA JUGA:Langkah Maju WHO dalam Menanggulangi Malnutrisi Akut: Pedoman Baru dan Komitmen Global


perasaan berat di hati atau kepala Anda segera setelah Anda bangun--Foto : Freepik.com

 

Kegelisahan di pagi hari dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indianexpress.com