Manfaat Daun Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kunyit Bagi Kesehatan--Istimewa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kunyit merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan oleh orang Indonesia sebagai penyedap makanan maupaun pewarna alami kuning bagi makanan. Namun, selama ini banyak dari kita yang hanya memanfaatkan Kunyit hanya dari rimpangnya saja. Ternyata, pada daun Kunyit pula menyimpan banyak sekali manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Manfaat daun kunyit:

1. Penyedap masakan

Tentu saja kunyit baik itu rimpang maupun daunnya memiliki manfaat sebagai penyedap berbagai jenis masakan. Banyak orang yang sudah menggunakan daun kunyit sebagai penyedap makanan seperti dalam pembuatan rendang ataupun olahan gulai. Selain di Indonesia, negara lain seperti India, Malaysia, dan Thailand pun menggunakan daun kunyit sebagai penyedap masakan mereka. 

Bagi kalian yang membutuhkan rimpang kunyit namun kehabisan, kalian dapat merendam daun kunyit kering pada air panas, maka daunnya pun akan mengeluarkan warna yang sama dengan warna rimpang kunyit.

BACA JUGA:Beras di Tingkat Produsen Sumsel Aman Hingga Lewati Idul Fitri

BACA JUGA:Hebat Nih! Polisi Palembang Gagalkan Penyelundupan Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan zat antioksidan serta antiradang kurkumin yang ada pada kunyit dapat mencegah kalian dari berbagai macam gangguan pencernaan seperti perut kembung dan dapat melancarkan pencernaan kalian karena didalam daun kunyit pula terdapat kandungan kurkumin yang dapat memacu kerja dari empedu yang dimana empedu sendiri adalah salah satu organ yang penting bagi pencernaan.

3. Melembutkan dan mencerahkan kulit

Selain untuk kesehatan, daun kunyit pula dapat digunakan sebagai masker untuk perawatan wajah. Antioksidan yang terkandung didalam daun kunyit dapat membuat kulit menjadi tampak lebih cerah serta lebih lembut dan halus. Caranya juga sangat gampang, kalian hanya perlu menumbuh daun kunyit dan dapat ditambahkan dengan bahan-bahan alami seperti madu dan dapat dioleskan ke wajah.

4. Anti inflamasi

Untuk kalian yang menderita penyakit sendi, sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kunyit karena didalam daun kunyit mengandung senyawa bioaktif yang dapat meringankan nyeri pada sendi.

Daun kunyit juga dapat diolah sebagai sayuran untuk lauk makanan sehari-hari. Caranya adalah dengan mengiris halus daun kunyit, lalu menumisnya dengan berbagai jenis bumbu seperti garam, gula, dan penyedap lainnya sesuai selera. Lalu dapat dikonsumsi bersama dengan nasi hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber