Siksa Kubur Sangatlah Pedih! Berikut Amalan yang Bisa Menyelamatkan Manusia dari Siksa Kubur

Siksa Kubur Sangatlah Pedih! Berikut Amalan yang Bisa Menyelamatkan Manusia dari Siksa Kubur

Siksa kubur sangatlah pedih! Berikut amalan yang bisa menyelamatkan manusia dari siksa kubur.--freepik.com/@mdjaff

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setiap makhluk hidup di dunia ini yang merupakan ciptaan Allah SWT akan mengalami kematian.

Begitu pula dengan manusia dan beberapa di antaranya akan menghadapi siksa kubur, sebagai akibat dari dosa dan pelanggaran terhadap perintah Allah SWT selama hidup di dunia. 

Alam kubur atau Alam Barzah merupakan alam pertama yang ditempati manusia setelah kematian yang memisahkan antara dunia dan akhirat.

Alam kubur tempat di mana orang yang telah meninggal akan tinggal sampai hari kiamat dan selanjutnya beralih ke alam akhirat.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! 5 Perkara Ini Bisa Menyebabkan Doa Tidak Terkabul, Simak Penjelasanya

Di dalam alam kubur ini, manusia akan menerima balasan sesuai perbuatan mereka selama hidup di dunia fana.

Rasulullah SAW telah membenarkan bahwa siksa kubur akan dialami oleh umat manusia sebelum tiba kiamat, terutama terhadap orang kafir atau munafik.

Abdullah bin Masud RA mengisahkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya orang-orang yang mati akan disiksa di dalam kuburannya, sampai binatang pun mampu mendengarkan suara mereka." 

Lalu, bagaimana caranya agar seseorang terhindar dari siksa alam kubur? Dilansir dari laman NU Online, berikut amalan yang bisa menyelamatkan manusia dari siksa kubur.

BACA JUGA:Kisah Nabi Musa AS Selamatkan Bani Israel dari Kekejaman Firaun hingga Menuju Tanah yang Dijanjikan


Salat wajib lima waktu menjadi bekal di alam kubur, sebagai cahaya yang akan menerangi kehidupan setelah mati.--pexels.com/@berkearakli

1. Menjaga Salat 5 Waktu

Salah satu kewajiban utama umat muslim adalah menjaga salat lima waktu. Dengan memenuhi kewajiban ini, seseorang dapat menghindari perbuatan keji dan mungkar.

Salat juga menjadi bekal di alam kubur, sebagai cahaya yang akan menerangi kehidupan setelah mati. Rasulullah SAW pernah bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber