Jangan Anggap Sepele! 5 Perkara Ini Bisa Menyebabkan Doa Tidak Terkabul, Simak Penjelasanya

Jangan Anggap Sepele! 5 Perkara Ini Bisa Menyebabkan Doa Tidak Terkabul, Simak Penjelasanya

5 Perkara ini Bisa Menyebabkan Doa Tidak Terkabul--Sc gambar freepik-@freepik,@rawpixel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sebagai seorang Muslim, doa merupakan salah satu bentuk komunikasi langsung seorang hamba dengan Allah SWT, yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Setiap individu pasti memiliki harapan yang mereka sampaikan melalui doa, dan berharap agar doa tersebut segera terkabul oleh Allah SWT. Bahkan, Allah SWT telah berjanji akan mengabulkan doa-doa para hambanya. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Mu'min Ayat 60, Allah berfirman:

Artinya: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kabulkan doa kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Sejatinya doa termasuk ibadah, dengan berdoa seorang hamba patuh terhadap sang pencipta yaitu Allah SWT. Diriwayatkan oleh At Tirmidzi, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ”Doa adalah ibadah.”

 BACA JUGA:Alasan Cacat Janin, Apakah Boleh Calon Ibu Aborsi, Lalu Bagaimana Menurut Hukum Islam?

Dari sabda Rasulullah tersebut, artinya doa merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan semua umat. Dengan berdoa, maka manusia sejatinya telah berkomunikasi secara langsung kepada Allah SWT, dan dengan harapan akan diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan.

Seperti diketahui, Janji Allah SWT selalu benar, namun, ada kala ketika sebuah doa belum terkabul maka kita harus berkaca dan melakukan introspeksi diri. Apakah semua doa sudah dipanjatkan dengan benar?

Doa yang belum dikabulkan oleh Allah SWt mungkin dikarenakan terhalang oleh rintangan-rintangan tertentu, dikutip dari laman muslim.or.id, ada beberapa perkara penyebab tidak dikabulkannya doa yang harus diketahui oleh umat Muslim ketika hendak berdoa kepada Allah SWT, antara lain:

1.  Tergesa-gesa dalam Berdoa:

BACA JUGA:Umat Muslim Wajib Tahu! Ini Hukumnya Aborsi dalam Islam


Setiap individu pasti memiliki harapan yang mereka sampaikan melalui do'a-- Gambar freepik-@freepik,@rawpixel

Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Doa seorang hamba akan dikabulkan selagi ia tidak tergesa-gesa, yaitu saat ia berkata,’Saya sudah berdoa tapi tidak dikabulkan’.” (HR. Bukhari)

Artinya, kesabaran dan ketenangan saat berdoa menjadi kunci penting. Ketika kita terburu-buru atau tidak sabar dalam menunggu jawaban doa, hal tersebut dapat menjadi penghalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber