Tradisi Corong Ikan di Musi Banyuasin, Berkah di Musim Air Pasang

Tradisi Corong Ikan di Musi Banyuasin, Berkah di Musim Air Pasang

Tradisi Corong Ikan di Musi Banyuasin, berkah di musim air pasang.-Ruzi Iskandar-PALTV

MUSI BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Sungai Musi ketika musim hujan tiba tidak hanya meluap airnya, tetapi juga melahirkan tradisi unik di masyarakat MUSI BANYUASIN (Muba).

Warga Muba di sekitaran Sungai Musi mengambil inisiatif dengan menggunakan corong ikan untuk menangkap hasil bermigrasi ikan yang memasuki anak sungai dan rawa.

Dalam menyambut musim hujan, Sungai Musi menjadi jalur bagi ikan untuk bermigrasi menuju anak sungai dan rawa guna bertelur dan berkembang biak.

Warga Muba memanfaatkan momen ini dengan memasang corong di mulut sungai dan muara air yang masuk ke rawa, menciptakan tradisi menangkap ikan yang khas.

BACA JUGA:Majelis Hakim Tolak Nota Keberatan 2 Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi SMA Negeri 19 Palembang

Corong ikan, sebuah perangkap berukuran besar, dibuat dengan kreativitas warga menggunakan bahan kayu, bambu, dan sekarang beralih ke bahan sintetis seperti waring.

Desain corong tersebut diatur sedemikian rupa untuk mengarahkan aliran sungai dan memudahkan ikan masuk ke dalam perangkap.

Tradisi ini menjadi mata pencaharian bagi banyak warga, seperti yang diakui oleh Opan, seorang warga Musi Banyuasin.

Opan menjelaskan bahwa corong ikan yang dibangun oleh keluarganya di salah satu sungai di Kecamatan Sekayu dapat menghasilkan ratusan kilogram ikan per hari saat musim banjir.

BACA JUGA:145 Pembalap Cilik Adu Kecepatan dalam Balancebike Silaturacemi Series 4 di Citraland Palembang


Tradisi Corong Ikani menjadi mata pencaharian bagi banyak warga, seperti yang diakui oleh Opan, seorang warga Musi Banyuasin.-Ruzi Iskandar-PALTV

Namun, hasil tersebut sangat tergantung pada tinggi rendahnya air Sungai Musi. Baginya, corong ikan bukan hanya tradisi warisan, tetapi juga sumber penghasilan vital untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Tradisi corong ini tidak hanya membentuk pola hidup masyarakat Muba, tetapi juga memiliki dampak ekonomis yang signifikan.

Dalam sehari, ratusan kilogram ikan bisa ditangkap, terutama ketika debit air Sungai Musi tinggi dalam waktu yang cukup lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv