Diterpa Hujan Deras, Jalan Lintas Provinsi di Semendo Darat Laut Tertimbun Longsor

Diterpa Hujan Deras, Jalan Lintas Provinsi di Semendo Darat Laut Tertimbun Longsor

Jalan selebar 4 meter di Kecamatan Semendo Darat Laut tertutup tanah longsor akibat diterpa hujan deras dan angin kencang, Selasa (14/11/2023).--Dokumentasi BPBD Muara Enim

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Sudah beberapa hari Kecamatan Semendo Kabupaten MUARA ENIM diguyur hujan deras disertai angin kencang.

Kondisi hujan deras dan angin kencang ini menyebabkan terjadinya longsor di Jalan Lintas Provinsi dari Desa Pulau Panggung Muara Enim menuju Kabupaten Lahat.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun tim PALTV, longsor terjadi pada hari Selasa, 14 November 2023 dini hari sekitar pukul 01:10 WIB.

Beruntung dalam peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun sementara akses jalan sempat terputus.

BACA JUGA:Kajati Sumsel Dr Yulianto Lantik Herry Ahmad Pribadi Sebagai Wakajati Sumsel

Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim Abdurrozieq Putra mengatakan, lokasi kejadian berada di Jalan Lintas Provinsi Sumatera Selatan yang menghubungkan Kabupaten Muara Enim dengan Kabupaten Lahat.

Menurut Rozieq, kejadian longsor yang mengakibatkan akses jalan sempat tertimbun oleh material longsor itu tepatnya di Desa Pulau Panggung Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL) Muara Enim, dengan titik koordinat 4,11424, 103,619812.

"Peristiwa ini diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi disertai angin kencang, sehingga terjadi longsor dan beberapa pohon tumbang," ujarnya.

Tim Rescue dibantu warga mengupayakan pembersihan material tanah longsor menggunakan alat Jonder pertanian milik warga, dan melakukan pemotongan pohon tumbang di sekitar jalan.

BACA JUGA:Diduga Tipu Warga Sukarami Palembang, Oknum Caleg DPRD Banyuasin Dilaporkan ke Polda Sumsel


Kondisi Jalan Lintas Provinsi yang tertutup longsor berhasil dibersihkan dan kembali bisa digunakan, Selasa (14/11/2023).--Dokumentasi BPBD Muara Enim

Butuh waktu untuk membersihkan material longsor karena hujan juga tetap mengguyur saat petugas melakukan evakuasi.

"Banyak warga setempat ikut melakukan pembersihan material, jadi petugas lebih cepat membuka jalan dari tanah longsor dan pohon tumbang," jelasnya.

Saat dihubungi melalui telepon, Kades Pulau Panggung Kecamatan SDL Maman Bagus Purba membenarkan adanya kejadian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv