Apa Sih Perbedaan Vegan dan Vegetarian? Berikut Penjelasannya!

Apa Sih Perbedaan Vegan dan Vegetarian? Berikut Penjelasannya!

Pola makan vegan dan vegetarian kini semakin populer, mengundang pertanyaan mengenai perbedaan esensial di antara keduanya.--freepik.com/@kamranAydinov

BACA JUGA:Suka Kopi? Bagus! Ternyata Ini Pandangan Menarik Dokter Zaidul Akbar

Di sisi lain, tipe vegan dianggap sebagai yang paling ketat dan eksklusif. Diet ini tidak memasukkan produk hewani sama sekali, termasuk susu dan telur.

Vegan Society mendefinisikan vegan sebagai suatu cara hidup yang bertujuan untuk menghindari eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan sebanyak mungkin.

Oleh karena itu, pola makan vegan tidak hanya mengecualikan daging hewan, tetapi juga susu, telur, dan berbagai bahan lain yang berasal dari hewan. Hal ini termasuk gelatin, madu, pepsin, lak, albumin, kasein, dan beberapa bentuk vitamin D3.

Sejarah Hari Vegan Sedunia mencerminkan pentingnya veganisme tidak hanya sebagai pilihan makanan, tetapi juga sebagai kontribusi terhadap perlindungan hewan.

BACA JUGA:Stroke Hantui Generasi Muda UEA, Faktor-faktor Pemicu dan Kiat Pencegahan yang Mendesak

Pada tahun 1994, Hari Vegan Sedunia dirayakan pertama kali di Inggris oleh aktivis hak-hak hewan, Louise Wallis. Wallis, yang juga menjabat sebagai Presiden Vegan Society, tidak hanya berjuang untuk mempertahankan eksistensi organisasi, tetapi juga mengakui bahwa istilah "vegan" telah menjadi bagian dari bahasa Inggris.

Dalam menetapkan 1 November sebagai Hari Vegan Sedunia, Wallis memilih tanggal ini karena berada di antara Halloween (31 Oktober) dan Hari Peringatan Kematian orang Meksiko (2 November).

Hari ini diharapkan memberikan kesempatan bagi komunitas vegan untuk mempromosikan gaya hidup ini serta segala aspek positif yang terkandung di dalamnya.

Tema Hari Vegan Sedunia tahun 2023, "Future Normal", menekankan pentingnya untuk mengeksplorasi dan merangkul veganisme sebagai bagian dari pola hidup yang lebih berkelanjutan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber