Apa Sih Perbedaan Vegan dan Vegetarian? Berikut Penjelasannya!

Apa Sih Perbedaan Vegan dan Vegetarian? Berikut Penjelasannya!

Pola makan vegan dan vegetarian kini semakin populer, mengundang pertanyaan mengenai perbedaan esensial di antara keduanya.--freepik.com/@kamranAydinov

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pola makan vegan dan vegetarian kini semakin populer, mengundang pertanyaan mengenai perbedaan esensial di antara keduanya.

Setiap tanggal 1 November, dunia memperingati Hari Vegan Sedunia atau World Vegan Day untuk membangkitkan kesadaran akan manfaat yang terkandung dalam beralih ke pola makan vegan, serta urgensi dari veganisme dalam berbagai aspek kehidupan

Istilah "vegan" dan "vegetarian" telah menjadi begitu lazim dalam beberapa tahun terakhir, dianggap sebagai gaya hidup yang membawa manfaat signifikan dari segi etika, lingkungan, kesehatan, dan kemanusiaan.

Meskipun keduanya seringkali dianggap sebagai hal yang sama, sebenarnya terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya.

BACA JUGA:Aborsi Harus Punya Izin! Kontroversi Usulan Perubahan Undang-Undang Aborsi di Rusia

Secara prinsip, keduanya memilih untuk menjalani hidup tanpa mengonsumsi produk hewani, termasuk daging dan hasil olahannya.

Meskipun ada pandangan bahwa gaya hidup ini terkait dengan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, namun tinggi akan vitamin, mineral, serat, dan senyawa tanaman yang sehat, bagi sebagian, vegan dan vegetarian adalah pilihan etis yang mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan dan hewan.

Namun, perbedaan nyata terletak pada apa yang mereka konsumsi. Seorang vegetarian tidak mengonsumsi daging hewan, seperti daging merah, unggas, atau ikan, namun masih dapat mengonsumsi produk turunan hewan seperti susu dan telur.

Sementara itu, seorang vegan adalah vegetarian ketat yang tidak hanya menghindari susu dan telur, tetapi juga semua produk turunan hewan.

BACA JUGA:Kesehatan Menakjubkan: Perjalanan Kesembuhan Sophie Marie Troester dari Migrain Langka di Dubai

Menurut definisi dari Vegetarian Society, seorang vegetarian mengadaptasi pola makan yang terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, jamur, dan beberapa jenis makanan non-hewani lainnya seperti garam, dengan atau tanpa produk susu, madu, dan/atau telur.

Mereka tidak mengonsumsi makanan yang dihasilkan atau terbuat dari tubuh hewan hidup atau mati, termasuk daging, unggas, atau ikan.

Gaya hidup vegetarian memiliki beberapa varian, di antaranya adalah vegan. Lacto-ovo-vegetarian adalah tipe yang paling umum, yang memungkinkan konsumsi produk susu dan telur.

Selanjutnya, ada lacto-vegetarian yang mengonsumsi produk susu tetapi menghindari telur, serta ovo-vegetarian yang mengonsumsi telur namun menghindari produk susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber