Dukhan, Kabut Asap Tebal Akhir Zaman yang Muncul Jelang Hari Kiamat

Dukhan, Kabut Asap Tebal Akhir Zaman yang Muncul Jelang Hari Kiamat

Dukhan, kabut tebal akhir zaman yang muncul jelang hari kiamat.--instagram.com/@sekolahrelawan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dukhan dalam bahasa Arab berarti asap, atau ada pula yang mengartikannya sebagai kabut.

Dalam Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW, banyak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Hari Kiamat akan tiba suatu saat nanti. Salah satu tanda yang disebutkan adalah munculnya Dukhan. 

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT telah memberikan penjelasan mengenai berbagai tanda-tanda baik yang kecil dan besar yang akan terjadi sebelum datangnya Hari Kiamat.

Salah satu tanda besar ini disebutkan dalam Surat Ad-Dukhan (Asap) pada ayat 10-11: yaitu ketika munculnya asap atau kabut yang menyelimuti Bumi.

BACA JUGA:Driver Ojek Online Membonceng Perempuan Bukan Mahram, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

“Maka tunggulah dimana hari ketika langit membawa dukhan (kabut asap) yang nyata yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih” (QS. Ad Dukhan ayat 10-11). 

Dalam ayat ini, Allah menggambarkan bahwa akan ada saat di mana langit membawa asap atau kabut yang akan menyelimuti Bumi. Ini dijelaskan sebagai azab yang pedih, yang merupakan salah satu tanda besar dari Hari Kiamat. 

Rasulullah SAW juga telah memberikan penjelasan lebih lanjut tentang munculnya Dukhan sebagai tanda akhir zaman. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Thabrani dari Abu Malik, Rasulullah SAW bersabda: 

"Sesungguhnya Rabbmu telah memperingatkan kamu dengan tiga hal. (Pertama) kabut asap yang akan mengakibatkan kepada orang mukmin seperti demam dan kepada orang kafir sehingga ia melepuh (pecah) dan keluar asap dari setiap telinganya, yang kedua adalah binatang melatah, yang ketiga adalah Dajjal."

BACA JUGA:Antara Fakta dan Legenda, Ungkap Misteri Siti Fatimah di Aliran Sungai Pulai Bintan Kepulauan Riau


Kabut asap tebal selimuti Jembatan Ampera Palembang.--instagram.com/@palembang.destinasi

Hadits ini menggambarkan bahwa Dukhan akan menyebabkan penderitaan bagi orang-orang yang tidak beriman, sementara orang-orang beriman akan merasakan dampak seperti demam. Ini adalah salah satu tanda yang akan datang menjelang Hari Kiamat. 

Dilansir dari muslim.or.id, selain hadits di atas, terdapat hadis lain yang juga menunjukkan akan adanya Dukhan sebagai salah satu tanda akhir zaman. Hudzaifah bin Usaid radhiallahu’anhu menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: 

“Kalian tidak akan pernah melihat hari kiamat sehingga kalian melihat 10 pertandanya. Yaitu munculnya Dukhan (kabut asap), Dajjal, daabbah, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa bin Maryam, Yajuj Majuj, tiga musibah terbenamnya tanah yaitu di tanah Timur, di tanah barat dan di Jazirah Arab dan akhir dari pertanda kiamat tersebut adalah terdapat api yang menggiring umat manusia pada tempat mereka dibangkitkan”. (HR. Muslim). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber