Suka Kopi? Bagus! Ternyata Ini Pandangan Menarik Dokter Zaidul Akbar

Suka Kopi? Bagus! Ternyata Ini Pandangan Menarik Dokter Zaidul Akbar

Suka Kopi? Bagus! Ini penjelasannya dari Dr.Zaidul Akbar--Sumber Foto: https://youtu.be/KWrm-qfbcTc?si=F9epD-fla3Xu0VGC dan freepiik.com/@mdjaff

BACA JUGA:11 Gejala Awal Diabetes dan Dampak pada Kesehatan

Untuk hasil terbaik, dia juga merekomendasikan untuk membeli biji kopi dan menggilingnya sendiri di rumah. Dengan cara ini, kita dapat menghindari kopi instan dalam sachet yang seringkali mengandung tambahan bahan yang kurang sehat.

Pandangan dr. Zaidul Akbar ini sebenarnya berlaku tidak hanya untuk kopi, tetapi juga untuk jenis minuman lainnya, seperti teh. Jenis teh apapun, seperti teh hijau, teh putih, atau teh hitam, sebenarnya memberikan manfaat kesehatan yang besar.

Tetapi manfaat ini hanya akan terwujud jika kita meminumnya tanpa tambahan apa pun. "Minumlah rasa aslinya dulu (tanpa campuran apapun)," pungkas dr. Zaidul Akbar.

Dengan kata lain, kita harus menjauhi kebiasaan menambahkan gula, krimer, atau bahan lain ke dalam teh kita. Selain itu, dr. Zaidul Akbar juga mengingatkan bahwa memilih biji kopi atau teh berkualitas tinggi sangat penting.

BACA JUGA:Pencegahan Penyakit Autoimun: Hindari Dua Hal yang Penting Menurut dr Zaidul Akbar

Biji kopi atau teh yang berkualitas rendah atau telah mengalami banyak pengolahan dapat kehilangan sebagian besar manfaat kesehatannya. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk yang berkualitas dan tidak mengandung bahan tambahan yang tidak sehat.

Pandangan dr. Zaidul Akbar tentang kopi dan teh ini memberikan pandangan yang menarik dalam dunia minuman sehari-hari yang begitu akrab bagi banyak orang. Dengan fokus pada manfaat antioksidan, kafein, dan penghindaran tambahan tidak sehat, kita dapat memaksimalkan manfaat kesehatan dari kedua minuman ini.

Saat ini, ada banyak penelitian yang sedang dilakukan untuk lebih memahami manfaat kesehatan kopi dan teh secara ilmiah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dan teh dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Namun, perlu diingat bahwa hasil penelitian ini masih dalam tahap awal, dan perlu ada lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan ini. Selain manfaat kesehatan, kopi dan teh juga memiliki nilai budaya yang penting.

BACA JUGA:Tips Efektif Menurunkan Lemak Perut dalam Waktu 3 Hari Menurut Dokter Zaidul Akbar

Di banyak budaya di seluruh dunia, kopi dan teh seringkali menjadi bagian penting dalam upacara sosial, pertemuan keluarga, atau bahkan ritual keagamaan. Mereka juga sering digunakan sebagai sarana untuk merangsang kreativitas, refleksi, atau relaksasi.

Dalam beberapa budaya, seperti Jepang, teh memiliki makna mendalam dalam upacara teh yang sangat ritualistik. Ketika kita memikirkan kopi dan teh, kita juga tidak bisa mengabaikan peran mereka dalam ekonomi global. Kopi dan teh adalah dua komoditas paling diperdagangkan di dunia setelah minyak mentah.

Mereka merupakan sumber penghidupan bagi jutaan petani di berbagai negara dan memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian global. Oleh karena itu, minuman ini memiliki dampak yang sangat luas, baik dari segi budaya, kesehatan, maupun ekonomi.

Namun, yang paling penting adalah kesadaran tentang cara kita mengonsumsi kopi dan teh. Dalam pandangan dr. Zaidul Akbar, menjaga minuman ini dalam bentuk murni adalah kunci utama untuk merasakan manfaat kesehatan yang sebenarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber