11 Gejala Awal Diabetes dan Dampak pada Kesehatan

11 Gejala Awal Diabetes dan Dampak pada Kesehatan

11 Gejala Awal Diabetes dan Dampak pada Kesehatan --Sumber foto: Freepik.com/@stefamerpik

Salah satu karakteristik penderita diabetes adalah penyembuhan luka yang lambat. Ketika seseorang dengan diabetes mengalami luka, proses penyembuhannya membutuhkan waktu lebih lama daripada orang yang tidak memiliki diabetes. Selain itu, bekas luka juga seringkali sulit hilang.

 

10. Mudah Terkena Infeksi dan Lama Sembuhnya

Penderita diabetes rentan terhadap infeksi. Infeksi dapat terjadi pada berbagai bagian tubuh, termasuk gusi, kulit, dan bahkan vagina. Ketika infeksi terjadi, proses penyembuhan luka pun mungkin memakan waktu lebih lama daripada orang yang tidak menderita diabetes.

BACA JUGA:Dr Zulkhair Ali: Kota Palembang Masih Kurang Dokter Spesialis dan Subspesialis

 

11. Gatal-Gatal

Gatal-gatal merupakan gejala umum diabetes. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh memberi "makanan" pada jamur yang dapat menyebabkan infeksi dan gatal-gatal. Gatal ini dapat muncul di berbagai area kulit, termasuk mulut (menyebabkan sariawan), area genitalia, dan ketiak.

Dalam menghadapi penyakit diabetes, deteksi dini sangatlah penting. Semakin cepat gejala diabetes dikenali, semakin cepat penderita dapat mendapatkan perawatan yang sesuai. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami beberapa dari gejala di atas, segeralah berkonsultasi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber