OKU Kembali Menerima Penghargaan Proklim Ke-5 Kalinya dari KLHK

OKU Kembali Menerima Penghargaan Proklim Ke-5 Kalinya dari KLHK

PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah saat menerima penghargaan proklim tahun 2023.--Foto : ist/humas Pemkab OKU

OKU, PALTV.CO.ID - Kabupaten OKU kembali menerima penghargaan proklim tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah pada Selasa (24/10/23) di Auditorium Dr Soedjarwo  Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta.

Penghargaan dibidang iklim tersebut diterima kabupaten OKU ke5 kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2018 dimasa kepemimpinan Bupati sebelumnya H Kuryana Aziz.

Penghargaan tersebut diserah langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya pada Festival iklim tahun 2023 kepada 42 Kepala Daerah, Bupati/Wali Kota dan Gubernur se-Indonesia.

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Resmikan Spaldt Sei Selayur Palembang

Pada pemberian penghargaan ini KLHK mengusung tema “Bergerak bersama turunkan emisi gas rumah kaca,”. PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah mengungkapkan, penghargaan itu merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi atas peran aktif masyarakat OKU dalam penguatan aksi lokal pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak.

Karena aksi pengendalian perubahan iklim  menjadi salah satu agenda prioritas dunia termasuk Indonesia.

" Alhamdulillah kabupaten OKU kembali menerima penghargaan sebagai Pembina priloklim terbaik 2023 dari menteri LHK RI," ujar Teddy

Dikatakan Teddy, penghargaan tersebut merupakan yang ke 5 kali nya diterima secara berturut-turut sejak tahun 2018. Penghargaan ini dapat diraih berkat kerjasama dan keja keras pemerintah dan masyarakat Oku yang telah mendukung upaya pemkab OKU. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi: Tol Indralaya-Prabumulih Percepat Perekonomian di Sumsel

“Penghargaan ini telah diraih sejak tahun 2018 dimasa ke Pemimpinan Almarhum Drs H Kuryana Aziz, dan ini ke5 kalinya di terima secara berturut-turut. Sejak kepemimpinan almarhum Kuryana Aziz Penghargaan ini memang sudah sering diterima dan kami hanya melanjutkan apa yang sudah baik," kata Teddy.

Pemkab OKU melalui Dinas Lingkungan Hidup menggerakan aksi adaptasi dan mitigasi yang dimulai dari tingkat tapak melalui program kampung iklim. Di OKU, Desa  Batumarta II menjadi desa terbaik utama peraih penghargaan sertifikasi proklim yang mengakibatkan OKU kembali diganjar penghargaan.  " Ada beberapa Desa di OKU yang menjadi desa proklim, salah satunya Desa Batumarta II yang meraih penghargaan sertifikat proklim utama tahun 2023,” sebutnya

Teddy berharap ditahun yang akan datang akan banyak terbentuk Desa-Desa proklim lainnya. Hal ini untuk menunjukan bentuk kepedulian masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim. Teddy juga berharap pelaku usaha juga dapat mendukung terbentuknya desa-desa proklim sebagai bentuk kepedulian dunia usaha dalam mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id