Bangun Ekonomi, Palembang Mulai Kembangkan Budidaya Ikan Belida

Bangun Ekonomi, Palembang Mulai Kembangkan Budidaya Ikan Belida

Bangun Ekonomi Palembang Mulai Kembangkan Budidaya Ikan Belida--Foto : Sandy Pratama - PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menetapkan ikan belida sebagai hewan yang dilindungi.

Terkait hal tersebut, Pemkot Palembang bekerjasama dengan pihak Perbankan dan Pembudidaya Ikan, untuk membudidayakan ikan belida dari negara Thailand yang tidak masuk dalam kategori hewan dilindungi.

Dalam kegiatan panen ikan belida Thailand di Kecamatan Gandus Palembang, pada Jumat 20 Oktober 2023. Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menyampaikan bibit ikan belida yang dipanen berasal dari Thailand dan dikembangkan petani ikan di Palembang.

Untuk memastikan budidaya ikan belida bisa berkembang, pihak Dinas Perikanan diminta berkoordiasi dengan pembudidaya, lantaran budidaya ikan belida bisa menjadi kekuatan ekonomi.

BACA JUGA:Pj Walikota Palembang Terima 4 Unit Mart Booth dari Bank Sumsel Babel Untuk Berdayakan Ekonomi Umat

“Saya kira ini ini terobosan yang sangat baik, ditengah kondisi ketahanan pangan yang masih butuh perhatian serius dari Pemerintah. Disini ada budidaya belida hasil pembibitan dari Thailand dan dikembangkan di Palembang. Dari Dinas Perikanan nanti coba bekerjasama dengan pemilik lahan, bersama Bank Sumsel Babel agar pengembangan lebih baik.

Tidak hanya di sini saya pikir, bisa di beberapa Kecamatan yang lain, bisa terus dikembangkan, dan ini bisa menjadi kekuatan ekonomi di Palembang, apalagi pertumbuhan ekonomi Palembang kan cukup baik sampai dengan sekaragdi 5,25 persen.” Harap Pj Walikota Palemban Ratu Dewa.


Pj Walikota : Saya kira ini ini terobosan yang sangat baik, akan dikembangkan bersama masyarakat, Dinas dan dukungan Bank Sumselbabel.--Foto : Sandy Pratama - PALTV

Pembudidaya ikan belida, Jhoni megatakan budidaya ikan belida sendiri berawal dari hobi, dan dicoba untuk melakukan pemijahan secara alami hingga akhirnya berhasil.

Untuk budidaya ikan belida ini tidak terlalu sulit, namun ikan belida sendiri membutuhkan waktu sekitar 2 tahun hingga siap dipanen.

BACA JUGA:Kejati Sumsel Terima 2 Laporan Baru SPDP Karhutla Sumsel, Kali Ini dari Kabupaten Banyuasin

“Sebenarnya tidak terlalu sulit, yang sulit itu mencari indukan. Kita kebetulan berdasarkan dari hobi, jadi indukan itu kita dapatkan dari Thailand. Kita coba-coba kawinkan, Alhamdulillah berhasil gitu. Jadi ini hasil breeding sendiri, tapi secara alami. Sebenarnya 2 tahun sudah siap dipanen. Ini banyak dibeli orang untuk ikan hias. ” Tungkas Pembudidaya ikan belida, Jhoni.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id