Mengatasi Gangguan Bunyi Bising pada Fan Belt Mobil

Mengatasi Gangguan Bunyi Bising pada Fan Belt Mobil

Mengatasi Gangguan Bunyi Bising pada Fan Belt Mobil --Foto : daihatsu.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kemudahan saat mengemudi adalah impian setiap pengemudi dan penumpang kendaraan bermotor. Adakala ada gangguan bunyi bising pada kendaraan Mobil kita pakai. 

Kenyamanan ini dapat terganggu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah bunyi bising yang keluar dari fan belt mobil. Tetapi, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Apa saja akar permasalahannya, dan bagaimana caranya untuk mengatasi gangguan ini? Untuk menemukan jawabannya, mari kita telusuri lebih lanjut.

 

Penyebab Gangguan Bunyi Bising pada Fan Belt Mobil 

Ada beberapa faktor yang dapat memicu  Gangguan Bunyi Bising pada Fan Belt Mobil dan berikut penjelasannya:

BACA JUGA:Setelah Pindah Ke Gresini Racing Marc Marquez Akhirnya Mengkonfirmasi Pilihan Mesinnya Untuk Musim 2024

1. Kotoran dan Debu yang Menumpuk pada Fan Belt

Penyebab utama bunyi bising pada fan belt mobil adalah penumpukan kotoran dan debu. Fan belt seringkali terpapar dengan debu, pasir, tanah, atau bahkan cipratan air. Ini bisa terjadi akibat hujan atau banjir.

Ketika kotoran menumpuk pada fan belt, kinerjanya terganggu, dan akhirnya fan belt tidak dapat memutar puli mesin dengan efisien.

 

2. Perawatan yang Salah

BACA JUGA:Ini Perbedaan Dari Tiga Varian Mobil Honda Civic: Sedan Turbo, Hatchback RS, dan Type R di Indonesia

Faktor kedua yang dapat menyebabkan fan belt berbunyi bising adalah kesalahan dalam perawatan. Menggunakan sabun cuci piring atau mencuci fan belt adalah salah satu perawatan yang kurang tepat.

Meskipun mungkin terlihat sebagai cara yang lebih ekonomis, tindakan ini dapat merusak karet fan belt dan bahkan menyebabkannya putus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumber artikel : https://daihatsu.co.id