Jangan Dilakukan! Ini 5 Pola Makan yang Memperburuk Siklus Menstruasi Para wanita

Jangan Dilakukan! Ini 5 Pola Makan yang Memperburuk Siklus Menstruasi Para wanita

Jangan Dilakukan! Ini 5 Pola Makan yang Memperburuk Siklus Menstruasi Para wanita--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Perlu diketahui oleh para wanita dan gadis remaja bahwa ada beberapa pola makan yang memperburuk siklus menstruasi. Dimana siklus menstruasi adalah indikator penting dari kesehatan reproduksi seorang wanita, dan ini sangat dipengaruhi oleh pola makan.

Siklus menstruasi pada wanita atau gadis remaja dikatakan buruk atau tidak normal, apabila tidak berada dalam rentang waktu 25 sampai 35 hari setiap bulannya. 

Artinya, belum sampai 25 hari sudah mens lagi. atau sudah lebih dari 35 hari belum menstruasi. Keteraturan menstruasi menjadi salah satu tanda vital yang tak boleh diabaikan. Namun, setiap individu memiliki pola siklus yang berbeda.

 Rentang siklus yang dianggap normal adalah antara 25 hingga 35 hari, memastikan hormon bekerja secara optimal.

BACA JUGA:Memahami Makna Panggilan 'Habib', dan Sejarah Keturunan Nabi Muhammad di Indonesia

Ketidakteraturan menstruasi, baik terlalu cepat atau terlambat, dapat dipicu oleh berbagai faktor. Faktor-faktor ini meliputi stres, kecemasan, jenis pengobatan yang tengah dijalani, dan yang tak kalah pentingnya adalah pola makan.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat berkontribusi terhadap keterlambatan dan ketidakteraturan menstruasi, seperti dilaporkan oleh Hindustan Times: 

1. Kombinasi Makanan yang Tidak Tepat

Penting untuk memperhatikan kombinasi makanan yang Anda konsumsi dan memastikan cara mengonsumsinya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan serta penyerapan nutrisi.

BACA JUGA:Hari Pertama KBM Tatap Muka, Pj Walikota Palembang Tinjau SMP Negeri 5

Kombinasi makanan yang salah, seperti mengonsumsi buah setelah makan siang atau minum teh saat sarapan, dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga aliran menstruasi tetap sehat dan teratur.

2. Konsumsi Terlalu Banyak Makanan Olahan

Makanan olahan seringkali kaya akan kalori, lemak tak sehat, dan tambahan gula. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan serta fluktuasi kadar gula darah, yang pada akhirnya mempengaruhi peran hormon estrogen dan progesteron yang sangat penting dalam siklus menstruasi.

3. Melewatkan Waktu Makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.hindustantimes.com