Jelang Ramadan, Ribuan Masyarakat OKU Ikuti Pawai Obor

Jelang Ramadan, Ribuan Masyarakat OKU Ikuti Pawai Obor

Ribuan masyarakat OKU ikuti pawai obor jelang bulan Ramadan.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Menjelang 1 Ramadan 1444 H yang diperkirakan jatuh pada 23 Maret 2023 mendatang, ribuan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sambut Ramadan dengan sukacita. Salah satunya dengan menggelar pawai obor.

Ribuan masyarakat OKU memadati jalan di dalam kota Baturaja dengan membawa obor. Masyarakat kemudian longmarch dari kantor MWC NU Baturaja Timur menuju halaman Kantor DPRD Kabupaten OKU. Tampak Pengurus PCNU Kabupaten OKU, Forkopimda dan Ketua TP PKK OKU Hj Zwesty Karenia Teddy turut hadir dalam pawai obor yang dilepas langsung oleh Pj Sekda OKU Darmawan Irianto pada Sabtu (18/3/2023) malam ba'da Isya.

Ribuan masyarakat dan warga Nahdlatul ulama (Nahdliyin) ini berangkat dari Sekretariat Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul ulama (NU) Kecamatan Baturaja Timur Jalan Veteran menuju halaman kantor DPRD Kabupaten OKU. Pawai obor menempuh rute Jalan Veteran, Jalan Dr M Hatta, hingga Jalan Gadjah Mada dengan jarak tempuh sekitar dua kilometer.

Masyarakat dalam menyambut 1 Ramadan ini sangat antusias dan diikuti oleh seluruh pengurus MWC sekabupaten OKU serta Nahdliyin, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

BACA JUGA:Video: Bulog OKU Siapkan 9,6 Ton Daging Kerbau Beku Selama Ramadan

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Pos Polairud Pangkalan Sandar Kuala Sugihan Bagikan Al-Qur'an

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten OKU Drs HM Bahori usai pawai obor mengungkapkan, pawai obor ini sudah lama tak digelar sebagai bentuk sukacita umat muslim dalam menyambut bulan Ramadan. Menurutnya, melalui pawai obor ini bisa mengingatkan masyarakat OKU akan tibanya bulan Ramadan, bulan di mana kaum muslimin diwajibkan melaksanakan ibadah puasa.

"Antusias masyarakat sangat terlihat dan kegiatan ini kita harapkan dapat menjadi pengingat bagi masyarakat kalau kita akan segera memasuki bulan Ramadan. Ke depan, insya’ Allah kita akan mengadakan pawai obor lebih meriah lagi dari tahun ini," ujar Bahori.

Ditambahkan M Bahori, ada sekitar tiga sampai empat ribu peserta yang ikut pawai obor tersebut. Selain pawai obor, juga digelar gebyar shalawat dan doa bersama di halaman DPRD Kabupaten OKU.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU Darmawan Irianto mengatakan, melalui pawai obor tersebut pihaknya berharap masyarakat OKU semakin religius dan dapat melaksanakan kewajiban rukun Islam ketiga dengan khusyu'. Kemudian dapat menjadikan bulan Ramadan sebagai momentum muhasabah diri untuk lebih baik lagi ke depannya.

BACA JUGA:Video: Jembatan Gantung Desa Rantau Kumpai Diterjang Banjir Perlu Segera Perbaikan

BACA JUGA:My Great Teacher Film Bergenre Romantis Namun Mendidik

"Dengan adanya pawai obor malam ini dapat menambah semangat masyarakat dalam menyambut bulan penuh berkah ini. Semoga masyarakat OKU bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan menjadi masyarakat ahli ibadah," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv